Anak pertama saya bisa berjalan ketika umur sekitar 15 bulan, baru kemudian
merangkak... Ketika umur 13-14 bulan sering sakit, kemungkinan karena sedang
masa peralihan (disapih) dari ASI ke susu sapi segar (UHT) dan madu. Ketika
kondisi kesehatannya stabil, alhamdulillah dalam beberapa hari bisa belajar
berjalan dengan cara maen sepur-sepuran dan mendorong galon...

Selain itu kesabaran dan kreatifitas orang tua dalam menumbuhkan rasa percaya
diri dan keberanian anak turut berperan penting...

Kondisi belum bisa berjalan perlu diperjelas. Apakah belum bisa berdiri? Bisa
berdiri tetapi tidak bisa/berani jalan? Ataukah dia malas berdiri/berjalan
karena sedang sakit?

Bayi terlahir dengan tulang yang lemah dan titik berat yang mendekati kepala.
Ketika tulang sudah beranjak kuat dan berat kepala seimbang dibanding berat
badan/kaki, anak kita seharusnya sudah mampu untuk berdiri dan kemudian
berjalan.

Semoga bermanfaat,

Abdullah

Kirim email ke