assalamu'alaikum...

langsung aja, saya punya saudara yang berkeyakinan kalau shalat jum'at yang
bener itu dilaksanakan di hari sabtu waktu Indonesia...

dia berpendapat kalau ketetapan waktu mulai hari yang kita pakai selama ini,
GMT yang berpatokan pada kota Greenwich di Inggris, itu salah dan terbukti
telah mengalami beberapa kali revisi.

jadi menurutnya penetapan waktu yang tepat itu (0 derajat) dimulai dari kota
Mekkah yang merupakan titik pusat bumi.

berdasarkan hal itu, maka kita yang ada di Indonesia seharusnya tertinggal 1
hari ketimbang kota Mekkah, (ini berbeda dengan GMT dimana Indonesia lebih
dahulu ketimbang Mekkah), jadi dengan demikian seharusnya shalat jum'at itu
baru dilaksanakan di hari sabtu.

saya pingin tanya ke teman2 di sini, bagaimana pendapatnya??? adakah dalil2
yang mendukung atau membantah hal tersebut??? terus terang saya bingung untuk
mengcounter pendapat saudara saya itu, karena memang tidak pernah dibahas dalam
pengajian2 maupun di milis ini...

saya sangat mengharapkan bantuan dari teman2 semua di sini...

jazakumullah...

Kirim email ke