Hi Jovanka, Kalau boleh tahu, tinggalnya di daerah mana ya? Kalau di daerah Jakarta,apalagi JakPus, coba ke RS Bunda menteng aja, disana senam hamil nya diajarin teknik pijat payudara,dulu sih waktu masa saya senam pernah dikasih fotokopi teknik2 tersebut.Oh ya, biasanya senam hamil dimulai dari minggu ke-24 dst.
Kalau masalah ASI, mau sharing saja, dulu waktu anak pertama & kedua sy baru lahir juga sy tdk langsung keluar ASI melimpah, tapi mmg sy coba menyusui keduanya sesaat setelah lahir (IMD). Selama 3 hari ASI sy belum keluar, tetapi setiap mereka lapar, saya coba menyusui walaupun tidak keluar. Karena sy rooming in (niat ASIX), jadi anak2 saya menangis kelaparan, krn tdk dikasih susu formula. Setiap hari suster kontrol dan memberi bantuan sebisa mungkin supaya ASI sy keluar dan akhirnya pd hari ke-3, konsultan laktasi datang dan memijat payudara sy yg mulai keras. Puji Tuhan, setelah dipijat, akhirnya ASI sy keluar dan anak2 sy mendapat ASIX. Yg pertama (skrg 2yr 2mt) sampai umur 1 thn (berhubung sy sudah hamil lagi ketika dia baru umur 8 bln) dan yg kedua (11 bln) masih ASI. Jadi menurut sy, payudara gak perlu sampai bengkak2 atau penuh hanya untuk memberi ASI, asal pertumbuhannya normal, pasti ASI sudah cukup (especially 6 bulan pertama). Sorry kalau jadi kepanjangan ceritanya, tapi mudah2an membantu ya. Dan sukses ASIX nya nanti.. cheers, Airin (mommynya Maria & Rachel) --- In [email protected], Jovanka Cynthia <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > Dear Moms, > > Saya lagi hamil 8minggu, anak kedua..saya senang banget mengetahui hal ini. Tapi saya ingin anak ke-2 ini saya bisa benar2 memberikan asi. Tidak seperti anak pertama, asi saya kurang sama sekali,malah saat melahirkan asi saya tidak keluar. Tidak ada rasa bengkak seperti ibu2 yang habis melahirkan pada umumnya. Orang banyak yang bilang karena dari awal kehamilan saya tidak ikut senam hamil atau pijat asi. > Nah moms,apa benar begitu? karena setahu saya waktu mengikuti senam hamil dulu tidak ada tuh yang mengajarkan pijat payudara supaya bisa menghasilkan asi yang banyak. Mohon info2nya ya moms kalau benaran hal seperti itu ada..karena saya pengen banget bisa memberikan asi ekslusif buat anak kedua saya. > > Salam, > Jovanka > > > Send instant messages to your online friends http://uk.messenger.yahoo.com >
