Mbak Desi,
Saya mau sharing sedikit. Ini saya alami sendiri. Waktu kecil (waktu SD)
saya gagap. Ini saya alami agak lama (sampai smp). Padahal kalau saya
sendiri amati, pada saat saya gagap saya tidak dalam keadaan takut, cemas, &
perasaan tidak nyaman lainnya. Artinya, gagapnya bukan karena takut, dll.
Saya amati sendiri, lingkungan saya ikut memperparah keadaan saya (walaupun
kadang niatnya baik). Misalnya, pada saat saya gagap, saya malah disentak,
atau kata2 yang akan saya ucapkan disambung/disela dengan suara keras.
Memang pada saat itu saya bisa meneruskan kata yang akan saya ucapkan
(walaupun dengan dada sesak sekali & rahang rasanya sakit).
Setelah saya amati sendiri, justru hal itu yang ikut memperparah keadaan.
Keluarga saya bilang waktu kecil saya cerewet alias banyak ngoceh. Jadi
kesimpulan saya, saya gagap karena terlalu banyak diotak yang ingin
diomongin, tapi mulut ini kapasitasnya belum pentium ;).. Jadi begitulah
hasilnya. Akhirnya saya berusaha memperlambat cara berbicara saya untuk
mengurangi gagap.

Alhamdulillah, sekarang saya sudah berkurang gagapnya. Soalnya susah sih
untuk men-set cara berbicara .... Apalagi terlanjur sudah tua sadarnya...;)
Jadi saran saya, janganlah menghadapi orang/anak gagap dengan menyentak.
Walau maksudnya baik, tapi cara itu salah. Bahkan memperparah keadaan.

Maaf kalo kepanjangan.
Best regards,
Ibunya Laras