Bagaimana dengan madu yg dioleskan di empeng? Saya biasa mengoleskan madu ke
empeng agar bayi (umur 22 hari) tidak rewel.

-----Original Message-----
From: Ellys Thamrin [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 19, 2003 7:54 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Madu

Mbak Desi, ini saya ada file tentang madu yang dulu pernah dikirim Mbak Ukie
[Mbak Ukie, mohon ijinnya ya!] di milist ini juga:

Dear Netters...

Artikel ini saya dapat dari ibujari.com... Semoga bermanfaat...

"Sebenarnya yang menjadi masalah adalah pemberian madu secara langsung. Madu
diketahui mempunyai sedikit efek antibakteri karena tambahan enzim oleh
lebah. Tetapi suatu bakteri yang bernama Clostridium botulinum, sering
membentuk spora. Spora dapat bertahan hidup lama di berbagai media termasuk
di tanah. Kadang-kadang, spora tersebut terdapat di dalam madu. Bila spora
masuk ke dalam usus manusia, bakteri lain yang ada di dalam usus orang
dewasa dapat mencegah spora berkembang menjadi bentuk yang aktif. Bayi belum
mempunyai bakteri yang "baik" ini. Bila sial, dapat terjadi botulisme pada
bayi, yang walaupun sangat jarang ditemukan, bila terkena dapat menimbulkan
kematian. Setiap tahun ditemukan kematian pada 100 bayi di USA karena
Clostridium botulinum. Sebaiknya menunda madu sampai umur 1 tahun".

Dijawab oleh dr. Hardiono D. Pusponegoro Sp.A(K)

"Madu memang agak berbeda kandungannya, yaitu terdiri dari fruktosa,
sucrosa, dan glukosa, dan keistimewaannya adalah mengandung vitamin B dan
trace element yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Salah satu
yang sering menyebabkan madu kurang dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun
adalah sifat madu mudah menyebabkan caries / lubang gigi. Tetapi hal ini
dapat dicegah dengan melakukan oral hygiene yang baik, dengan menggosok gigi
atau minum air putih sesudah minum madu. Pemberian madu juga sebaiknya
diencerkan. salam"

Dijawab oleh dr.Pratiwi Andayani, Sp.A

 Ukie Yusuf!

::: Ellys Thamrin