From: Reiko Abimanyu [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, June 05, 2003 6:40 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] susu formula untuk bayi kurus

Saya setuju banget !!
Anak saya juga kurus, tapi lincah, cerdas dan sangat aktif. Walaupun
makannya lama dan mulut kita sampai berbusa, tapi porsi makanannya nya tidak
kalah banyak dg anak yg gendut. Barangkali krn dia tidak terlalu suka ngemil
chiki2an, biskuit, coklat dn permen. Juga krn dia sangat aktif, selalu
membakar energinya. Mungkin juga krn bapak dan ibunya memang kecil2. Yg
jelas susu memang dia tidak suka, tapi tetap bisa 'dipaksa' (mau tak mau)
minum 1 gelas sehari.

Saya punya 3 contoh. sepupu saya dibesarkan dg obsesi gemuk ibunya. sang ibu
dlm rangka memontokkna bayinya, memberinya porsi makan yg berlebihan, juga
pola makan ngemil2an spt yg saya sebut diatas. Sepupu cewe saya yg
sebetulnya manis ini dan yg saat ini menginjak bangku SMA mengalami
obesitas. Terbiasa dg pola makan salah, menyebabkan usus dan lambungnya
'membesar' dan selalu meminta gilingan yg lebih banyak, alias maunya makan
terus. kasihan melihatnya.
kakaknya, baru lulus kuliah februari lalu, tidak kalah mengerikan. kalo
dibiarkan, dia bisa menghabiskan 2 batang roti tawar dlm sekali makan!!
selesai makan nasi, mampu menggiling 2 bungkus mie instant lengkap dg
telurnya sekalian. maret kemarin dia kena asam urat.
contoh ketiga, keponakan saya, 3 th, yg tumbuh dlm keluarga yg lebih
'modern' dlm arti selalu memiliki akses informasi terkini, juga punya
kecendrungan makan banyak. org tuanya (dan atas anjuran dokternya juga)
harus me-rem pola makannya sebelum terlambat. hrs proporsional sesuai
usianya.

intinya, kita tidak perlu cemas berlebihan kalau anak kita kurus, pokoknya
selama dia tidak malnutrisi, selama tumbuh kembangnya baik sesuai usianya,
ya tidak apa2.
Pendapat bhw gemuk adalah lambang kemakmuran rasanya sudah tidak relevan
lagi saat ini (bahkan salah barangkali ya).

Sorry kalo sharingnya kepanjangan. Saya cuma ingin mencoba menggugah hati
dan pikiran ibu2 dan bapak2 untuk tidak 'melanjutkan' pendapat yg
alah  -menurut saya-  ini. Coba tengok dimana2, dimal2, disekolah2, banyak
sekali anak2 yg kelebihan berat badan, kan kasihan sekali, krn mereka
potensial menyimpan dan menderita penyakit lebih cepat. Maaf seribu maaf,
saya sama sekali tidak bermaksud menyinggung perasaan siapapun, dan tidak
sedang menunjuk siapapun. saya hanya coba mengungkapkan fakta.
Di Singapura, anak2 SD yg dinilai memiliki kelebihan BB diwajibkan menjalani
olahraga ekstra untuk menurunkan BB nya, krn pemerintah Singapura
mengharapkan generasi penerusnya harus generasi sehat jasmani rohani.

cheers,
reiko