Bunda Tifa,
Sepengetahuan saya, normal BB pada waktu anak umur 6 bln adalah 2 X bb
lahir. dan BB bayi normal adalah pada umur 1 thn BB-nya 3X berat lahir. Jadi
kalo bb Tifa 2,65 kg, nanti pada umur 1 th diharapkan menjadi 7,95 kg. Itu
normal bu .. apabila bb-nya lebih dari itu berarti gizi yang diserap baik
sekali, asal jangan obesitas yah ..

Bu .. anak saya Farhan sekarang umurnya 17 bln, mungkin bb-nya hanya 11kg
cendrung terlihat kurus - tinggi. Mungkin ini faktor genetik  Tapi
alhamdullillah saya sangat jarang ke dokter kecuali imunisasi dan tumbuh
kembangnya normal sesuai usia.
Waktu usia 1 thn, salah satu DSA anak saya bilang bahwa Farhan mungkin harus
di test mantoux ato periksa lab paru-parunya. Tapi trus saya cari second
opinion ke Dr. Henny di kliniknya. Disana dia lihat Farhan yang lincah dan
aktif trus dia bilang Farhan sehat dan blom perlu di test mantoux. Saya lega
sekali.
Kita sebagai klien si dokter punya hak tanya kenapa kok hrs di periksa lab,
ada indikasi apa. Sebagai ibu kita pasti punya feeling kalo anak kita sakit
ato ada sesuatu yang lain di badan anak kita.

5 bln Tifa sudah bisa beguling-guling dan pandai mengangkat pantatnya dan
sudah melonjak-lonjak adalah indikasi bahwa Tifa sehat dan motorik kasarnya
terbentuk dengan baik. Mudah-mudahan Tifa selalu sehat ya bu tapi ibu juga
memberikan buah ke Tifa kan ..karena seumur Tifa sudah boleh banget
dikenalin sama buah-buahan.
Salam sayang buat Tifa.

Thank you and regards,
Ella