dear parents,

aku mau sharing pengalamanku dan terus terang aku bingung mau kasih judul apa. tapi
aku pikir aku harus sharing dan kalau ada yang tidak berkenan mohon maaf.
reva anakku sering sekali dirawat, mulai dari usia 8 bulan sampai sekarang usia 16
bulan sudah 5 kali dirawat. semuanya dikarenakan panas tinggi. reva kalau sudah panas
susah sekali masuk obat atau apapun ke dalam mulutnya sehingga panasnya sulit untuk
turun karena aku cuma bergantung dengan kompres. kalau aku paksa masukin tempra atau
panadol drop dia akan muntah. panas reva bahkan bisa sampai 41 an (dgn termometer
digital). beberapa kali dirawat ternyata anakku sudah hapal rasa obat penurun panas
sehingga ada penolakan dari dia dan membuat dia muntah. jadi anakku diselang seling
tempra dengan panadol dan pernah proris. terakhir dia cocok dengan tempra syirup
(kalau dikasih panadol akan muntah). tapi tetep anakku sulit turun panasnya dan
prosedurnya kalau sudah 3 hari panas nggak turun turun maka perlu dirawat.
tapi dari pengalaman 3 kali dirawat dimana reva baru dirawat setelah panasnya 3 hari
nggak turun turun (berkisar 39 - 41) ketika akan dirawat anakku sulit untuk diinfus
karena dehidrasi katanya, oleh karena itu begitu anakku dua hari panasnya nggak turun
aku langsung setuju untuk dirawat karena dengan diinfus anakku ada cairan masuk.
setiap dirawat anakku selalu dianjurkan untuk foto rontgen, karena menurut dsanya ada
banyak lendir. dan setiap dirawat anakku juga selalu di ambil darahnya untuk ditest.
dsa nya selalu menjelaskan ke aku angka dan kalimat yang tertera pada hasil lab yang
diagnosanya selalu tifus dan radang paru. karena aku nggak ngerti istilah kedokteran
tersebut ya aku pasrah aja.
belakangan aku baru tahu dari hasil seminar dengan dsa spesialisasi hati dan
korespondensi email dgn dsa spesialisasi hati juga, kalau test untuk tifus hanya benar
apabila menggunakan test yang namanya gal culture dan bukan widal. oleh karena itu
ketika anakku untuk kelima kalinya dirawat aku meminta dsanya untuk tidak test widal
tapi gal culture atau sekaligus saja keduanya. maka begitu diagnosa dijelaskan aku
lihat disitu tetap ada widal dan ada juga gal culture, dan beliau bilang hasilnya
positif tifus dan radang paru aku percaya aja karena aku udah minta dia untuk test dgn
metode gal culture.
waktu dirawat aku juga meminta dsanya untuk nggak masukin dosis antibiotik yang
terlalu keras (karena akhir akhir ini aku sering ketemu dgn bbrp orang tua yang bilang
kalau dsa anakku terkenal sering memberikan antibiotik keras) dsanya bilang nggak bu
karena dia hanya masukin anti kuman dan penambah daya tahan tubuh (lewat injeksi) dan
tempra sirup 3 kali sehari yang diberikan pada saat anak saya panas diatas 39,5.
ketika akan pulang setelah 4 hari dirawat saya meminta fotokopi hasil lab dan rontgen
karena saya ingin cari second opinion kenapa anakku sering sekali tifus padahal aku
sudah over protektif terhadap anakku. dan juga mencari tahu apa benar anakku perlu
segera vaksinasi tifus.

untuk opinion pertama aku ke kepala bagian anaknya disitu opininya begini, dia malah
akan menambah test darah anakku yang mengarah ke TBC. dan pengobatan tifus mestinya
sampai tuntas dan bisa memakan jangka waktu yang lama dan beberapa kali test darah per
 2 minggu bukan per 3 hari. hasil test lab yang menunjukkan tifus anakku meningkat
karena sedang dalam proses penyembuahan makanya angkanya meningkat. mengenai obat
obatan yang dikasih antara lain thiamysin, cefspan, imboost, mycostatin disuruh
teruskan.

untuk opinion kedua aku ke dsa disitu juga yang punya sub spesialisasi penyakit
tropis, opini beliau anakku sebenarnya belum tentu tifus hanya gangguan pencernaan
saja (anakku waktu sakit dari pubnya bisa terlihat kalau dia makan wortel atau apa),
dan hampir sama dengan dr tadi kalau angka tifus yang meningkat karena adanya
pengobatan yang menandakan tercatatnya bakteri yang dimatikan justru kalau sedang
aktif nggak begitu tinggi angkanya. dan menurut beliau obat yang ada dihabiskan saja
tapi nggak perlu ditebus ulang sebagai mana perintah dsa anakku dan dsa opini I untuk
memberikan pengobatan jangka panjang. dan dia juga tidak menyetujui kalau anakku
dilakukan vaksinansi tifus menurutnya tunggu saja umur 2 tahun.

untuk opinion ketiga aku ke dsa spesialis pulmonologi, dokter ini sebenarnya sudah
lama jadi pilihan aku untuk mengontrol pemberian antibiotik ke anakku, jadi setiap
anakku sakit dan diberi obat selalu aku bawa ke beliau untuk didiagnosa ulang dan
hasilnya aku selalu batal menebus resep dsa anakku dan menggantinya dengan resep dsa
ini. memang sayang setiap kali dsa ini meminta aku untuk membawa copy hasil lab dan
foto saya selalu lupa. nah sewaktu anak aku kemarin panas tinggi dsa ini sedang diluar
jakarta. begitu dia balik aku kemarin bawa semua hasil lab dan foto anak aku dari
beberapa kali dirawat, beliau memeriksanya dan akhirnya menyarankan aku untuk pindah
dokter, kalau aku nggak percaya dengan dia atau karena aku terlalu jauh dengan tempat
prakteknya dan hanya bisa ke rumah sakit yang biasa, aku hanya diperbolehkan ke satu
dokter saja yaitu dsa spesialisasi hati. menurut dia anakku cuma alergi karena
terpapar terus atau terlalu berat maka anakku panas. dia hanya setuju untuk memberikan
antibiotik untuk panas diatas 40 tapi begitu turun antibiotik mesti segera dihentikan.
dia tampaknya sudah sangat kesal dengan dsa anakku. dia sampai ngomong ibu.. kalau
perlu ayuk kita semua test dalam keadaan sehat dan rontgen dalamkeadaan sehat pasti
hasilnya kaya gini. lihat anak ibu sehat dan cerdas dan badannya juga tidak kurus
memang idealnya dia harus 10 kg tapi ini 9,5 tidak terlalu kurang. kalau dia TB
apalagi pneumonia pasti dia nggak mungkin seceria dan seaktif sekarang. (oh iya rumah
dsa ini dekat dengan aku jadi aku periksa dirumahnya, hanya tempat prakteknya di
jantinegara). coba terus ibu cari second opinion lain cari yang paling meyakinkan ibu
tapi syarat penjelasan harus akurat tapi saya tegas menyuruh ibu untuk rs yang biasa
ibu datangi hanya satu dsa yang saya recomend.

akhirnya aku hubungi bunda nisa, karena dia pasien dsa spesialisasi hati tersebut,
kemudian aku hubungi semua tempat prakteknya dan jadwal terdekat adalah hermina
jatinegara, opininya sama dengan dr spesialis pulmonologi, dia menyayangkan aku karena
sudah ikut seminar tapi masih saja mengorbankan anakku untuk meminumkan antibiotik.
opininya sama dgn dsa pulmonologi tersebut. untuk anakku yang panas dan susah minum
obat bisa meminta obat yang dimasukkan dari dubur. pemberian obat thiamisin akan
memberikan efek buruk di kemudian hari seperti anemia karena menyerang sumsumnya.
sedangkan foto rontgen yang terlalu sering akan memberikan efek dikemudian hari pula
untuk kesuburan.

aku juga pernah ke dsa spesialis anak yang pengurus IDAI, waktu itu anakku reva diare
dan dikasih nifural, dan kaopectate dari dsa ini yang waktu itu juga sudah recomend
aku buat ninggalin dsa sekarang, kalau diare yang penting adalah menggantikan cairan
yang hilang saja asal jangan sampai dehidrasi.

aku juga mau nyampein kalau dsa anakku ini sebenarnya baik apabila dilihat dari sudut
pandang kesabarannya melayani pertanyaan dan gangguan dari kita 24 jam seharinya. dan
anakku sayang sama dia, pernah anakku nggak mau makan tapi begitu ketemu beliau dia
langsung mau makan, tadinya aku pikir dia cukup care, tapi sayang terkadang dia
terlalu berani dengan antibiotik dan laboratorium mungkin tujuannya untuk segera
menyembuhkan tapi tidak melihat efek ke depan. kadang aku pikir mungkin karena dsa ini
sudah terlalu senior karena harus aku akui terkadang dia tidak memberikan antibiotik
tapi hanya vitamin atau saran saran saja jadi tanpa obat.

dari beberapa opini dsa itu saat ini aku udah putusin untuk menghentikan pemberian
antibiotik ke anakku reva sekarang dan sampai kapanpun juga. dan aku akan memohon
semoga ALLAH SWT memberikan perlindungan bagi kesehatan anakku sehingga tidak
memerlukan antibiotik sedikitpun dan sampai kapanpun. dan mudah-mudahan antibiotik
yang selama ini sudah terlanjur masuk ke anakku karena kelalaian ortunya tidak
memberikan pengaruh buruk bagi anakku sampai kapanpun juga.

regard,

bunda reva

Kirim email ke