From: Alfin Agung [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, February 16, 2006 2:04 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Fasilitas buat pembantu

Dear mbak,

coba bantu yaaa....

u/ prt, ini dia ikut handle anak apa cuma tugas rumah tangga?

aku coba share ttg prt-ku. dia ini cuma sendiri di rumah, u/ handle
anakku
ama rumah. cuma kalo qta lagi kerja, dah sepakat sama suami, yang
terutama
diurus itu anak qta. jadi kalu anakku lagi bangun dan maen2, ya dia gak
ngurus kerjaan rumah. kalu anakku dah tidur, baru deh dia ngerjain tugas
rumah.

tiap hari dia bangun sekitar jam 1/2 5-an. Soalnya harus nyuci sama
jemur
baju dulu sebelum qta berangkat kantor. sementara yang nyiapin sarapan
dll
ya aku. demikian juga dengan makanannya si mang apin. jadi dia tinggal
ngangetin atau ambil dari kulkas aja, gak repot2 lagi.

makan pagi & siang tergantung waktunya dia kapan gak repot. kalo pagi,
biasanya pas mang apin dah bobok (jam 8-an). kalo siang, ya jam 12-an
gitu.
kalu malam, biasanya jam 1/2 8, sama waktunya pas qta makan.

mengenai lauk pauk dll, biasanya kalo sempet, aku sisihkan satu piring
isinya lauk pauk u/ dia. kalo sayur siy tinggal ambil di panci aja. kalu
jajanan, biasanya aku suka beliin biskuit atau cemilan untuk sebulan.
atau
kalu qta beli cemilan/gorengan, ya dia dikasih juga. istilahnya yang qta
makan dia makan juga.
mungkin karena pembantu mbak baru, jadi dia nggak ngerti batasannya
antara
makan boleh ambil sendiri dengan makan sepuasnya...heheheh...

yang qta sediain buat dia ya kamar tersendiri, sabun, odol, shampoo,
pembalut juga dari qta.

standar yang baru itu antara 250-300, kalu bagus bisa dinaikin. mengenai
bonus, justru aku pikir sebaiknya jangan dirutinkan. karena kalu qta
lagi
ndak ada rejeki, ntar malah terpaksa ngasihinnya. mendingan kalu
misalnya
lagi ada bersih2 gede, ngeluarin koran lama, trus korannya dijual,
duitnya
buat dia. ya kayak2 gitu deh.

prtku gajinya disimpen di aku. dianya yang minta. jadinya lebih
fleksibel
gitu..

u/ sendal dll, kalu lagi qta liat dia emang butuh, ya qta beliin aja.
yang
murah meriah aja..

mohon maaf jika kurang membantu,
=listi=

On 2/16/06, Bunda Rayhan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
pembantunya
> kuat makan? Apa perlu kita jatahin? Misalnya ayam buat dia 3 potong,
> dengan
> asumsi pagi, siang sore. Pernah aku biarin aja makan sesuka hatinya,
eh
> yan=
> ada pulang kerja dah ludes :-(. Mau diomongin ndak enak, takut
> tersinggung.
> Oya satu hal lagi apakah pembantu ini harus kita kasi jajan? Seminggu
> sekalikah atau gimana?Kira-kira berapa besarnya jajan buat pembantu?
Gaji