Hi mbak Rita,

Memang lebih baik dicoba treatment dulu (+ tetap observe ketat),
sebelum lanjut ke vonis operasi untuk amandel.  Umumnya perlu
home-treatment untuk radang amandel yang disebabkan virus (karena
memang nggak ada obatnya) - seperti yang disarankan parents lain, coba
dengan minuman/makanan bergizi yang lunak dan hangat - sedikit2 kalau
memang Afif agak sulit menelan.

Kalau memang diagnosa dokternya, radang amandel Afif karena bakteri,
(setelah lewat pemeriksaan fisik atau uji swab), treatment obat
antibiotik bisa dilakukan.  Kalau jenis antibiotiknya tepat,
seharusnya dalam beberapa hari radang yang dialami Afif bisa hilang.

Refer to artikel yang ada di Mayo Clinic ... sekalian assist yang
dibilang mbak Nanik sebelumnya ya ;-)
(http://www.mayoclinic.com/health/tonsillitis/DS00273/DSECTION=1)

Operasi amandel direkomendasikan kalau memang mengganggu pernapasannya
(menelan) atau radang ini terjadi berulang kali, dengan kriteria:
- 7x atau lebih radang amandel dalam 1 tahunnya
- 5x atau lebih radang amandel setiap tahunnya, dalam periode lebih
dari 2 tahun berturut-turut
- 3x atau lebih radang amandel per tahun, dalam periode 3 tahun berturut-turut
- Radang amandel berulang walau sudah treatment antibiotik
- Gangguan jalan bernapas atau menelan karena bengkaknya amandel.

semoga Afif cepat sembuh dari radang amandelnya, ya mbak
Sylvia - mum to Jovan & Rena