Pak...

Untuk anak 4 thn sebenarnya masih terlalu kecil untuk
belajar beladiri apapun... memang ada yg sudah mulai
belajar sejak 3 thaun.. tapi paling2 itu bersifat
pengenalan saja... belajar tekniknya juga sambil
main2.

Ga mungkin anak 4 tahun bisa suka beladiri, pasti dia
nangis apalagi saat peserta lain secara bersama
berteriak  memberi salam, atau ada suara jatuh..buum..
dia bia kaget, nangis trus ketakuatan sendiri merasa
diri terancam... padahal da ada apa2..

Paling minim utk mulai belajar ya usia 5,5 tahun..
jadi lebih tidaka gampang bosan dan mudah berinteraksi
dengan anak2 lain yg mungkin lebih besar.

Anak saya juga usianya 4 tahunan, cewek, dia juga suka
ber"karate" ria dirumah, gara2 power ranger...
kalo saya ajarin beladiri dia cepat bosen.

Paling2 dia saya ajak ke dojo saya untuk liat2 anak2
berlatih,.. itupun dia paling lari sana sini sambil
makan snack trus ngajak main2 saya. Padahal saya
sendiri lagi mengajar. Dia bisa enjoy tempat itu
setelah beberapa kali saya ajak ke dojo.

Saran saya tunggu aja 1-2 tahun lagi. Agar dia bisa
mengerti apa itu beladiri, lagi pula cari tempat yg
sensei / pelatihnya termasuk sabar dan tidak sekedar
mengajar teknik semata tapi lebih ke karakter
building. JAdi kalo abis latihan suka ngingetin untuk
banyak manakn dan minum susu, sayang papa mama dan
guru disekolah, serta baik terhadap kawan2nya...

Salambeladiri
Aikido Instructor

http://mail.yahoo.com