Dear Moms and Dads…

Mohon maaf kalau pernah dibahas sebelumnya. Minta pendapatya dong…. Raissa (3 bulan)
belakangan ini terlihat senang mengemut jari telunjuknya atau mengemut kepalan
tangannya (ngenyot)…terutama setiap saat dia mau bobo…..saat dia lagi “nyari
ngantuk”….atau “nyari posisi yang enak”….. atau mungkin sekedar “cari ketenangan
sendiri”

Mula-mula sih tidak terlalu sering dan saya atau ayahnya selalu berusaha melarangnya
dengan menarik tangannya. Tetapi belakangan ini dia terlihat lebih sering mengemut
tangannya…sampai seru banget…dan sering protes kalo saya tarik tangannya.

Nah sekarang ini saya dan ayahnya sedang berpikir apakah sebaiknya dia dibelikan
empeng saja…… dengan pertimbangan…daripada dia mengemut tangannya dengan alasan faktor
kebersihan…. Lebih baik diberikan empeng, dimana setiap sebelum memberikannya bisa
kita sterilkan dahulu.

Namun saya juga sering dengar berbagai pro dan kontra mengenai efek pemberian empeng
ini. Mulai dari sudut pandang “kebiasaan yang sulit dilepas” sampai dengan sudut
pandang “mengganggu pertumbuhan gigi”…. sekalipun  empengnya adalah empeng
“orthodentist”.

Tolong dong….bapaks and ibus….kalo ada yang punya artikel sehubungan dengan itu…atau
mungkin sharing pengalaman pribadi dengan anaknya…

Thankssssssssss……

Mamanya Raissa