Mbak Wiwi, aku kebetulan pernah sharing masalah ini ke milis WRM… ini
aku masih punya rangkumannya… moga2 bermanfaat yah..
Uci mamaKavin+

Caesar vs Normal

Operasi caesar saat melahirkan memang perlu penanganan serius
sesudahnya. Karena yang namanya operasi dimana bagian tubuh dibuat
luka dengan sengaja, tentunya perlu perawatan serius sesudahnya.
Seperti halnya operasi caesar untuk mengeluarkan bayi..tidaklah
terbayangkan buat awam yang belum pernah mengalaminya… Trauma
mungkin sehingga apabila harus hamil lagi dengan selang waktu yang tidak
begitu lama.

Tetapi untuk masa sekarang operasi caesar tidaklah sesulit yang
dibayangkan…
Simak saja pengalaman Mom D USA salah seorang mommies WRM, “Saya
anak pertama caesar, tapi anak kedua normal. Padahal  anak pertama baru 9
bulan, sudah hamil lagi, tapi lahirnya bisa normal kok.

Kebalikan dari kasus Mom D tersebut menimpa anak seorang cleaning
service kantor salah seorang mommies anggota WRM hampir setahun lalu
melahirkan secara caesar karena posisi bayi yang melintang dan sekarang
ketahuan hamil 3 bulan, tetapi disarankan dikter untuk dikuret (digugurkan) –
alasannya sih karena belum 2 tahun operasi caesarnya.
Dan karena yang bersangkutan termasuk kurang beruntung karena tidak
punya biaya untuk kuret maka minum beberapa jamu dan obat peluntur untuk
menggugurkan kandungannya, tetapi saat ini janin tidak gugur.

Dilema memang melihat kejadian tersebut di mana orang kurang beruntung
yang notabene kurang pengetahuan and kurang biaya sehingga sulit untuk
mendapatkan yang terbaik untuk kesehatannya.
Tetapi alangkah lebih baik apabila janin yang sudah tumbuh 3 bulan itu
dipertahankan dan diteruskan kehamilannya dengan menghentikan minum
jamu atau obat peluntur yang bisa mengakibatkan kecacatan mental dan fisik
maupun gangguan kesehatan lain apabila nantinya Tuhan mengijinkan
untuk lahir ke dunia.

Kembali ke masalah jangka waktu untuk hamil lagi setelah operasi caesar,
menurut pengalaman beberapa mommies minimal 6 bulan pasca operasi
caesar rahim sudah siap untuk menerima janin, hal ini didukung oleh
masukkan salah seorang dokter kandungan mommies WRM yang bermukim
di USA, “….sesudah 6 bulan operasi caesar udah boleh hamil lagi. Dan
melahirkannya pasti diusahakan normal dulu oleh dokter, kecuali kalau misal
ada emergency situation / bayi hilang nafas, sakit mendadak  atau tidak
segera lahir lebih
dari 4 jam sejak pembukaan 10, dilaksanakan dioperasi caesar lagi”

Tetapi ada pula yang menyarankan bahwa yang lebih baik adalah minimimal
setahun setelah operasi caesar untuk hamil kembali karena dalam jangka
waktu setahun rahim dan kulit sekitar perut diharapkan sudah benar-benar
siap.

Untuk melahirkan kembali secara normal, ada pendapat dokter kandungan
seorang mommies, kalau sebaiknya perlu menunggu 2 tahun untuk
persalinan normal pasca operasi caesar.

Apabila ibu sudah siap untuk hamil kembali pasca operasi cesar (dalam
jangka waktu yang tidak terlalu lama) tentunya harus mengikuti saran dan
nasihat dokter kandungan masing-masing, jangan sampai terjadi seperti
kasus tetangga salah seorang mommies WRM di Biak di mana ada seorang
ibu yang jaitannya 'jebol' karena belum 1 tahun cesar ddan sudah hamil lagi.
'Jebol'-nya itu waktu usia kandungan sudah 8 bulan. Akibat sering menyetir
mobil sendiri dan naik motor sendiri.

Untuk menutup diskusi ini, ada satu masukkan menarik dari nasihat DSOG
salah satu mommies WRM:
- Sejauh ini (waktu itu taun 99) sebenarnya tidak ada kata pasti tentang
kapan boleh hamil lagi setelah sesar. Biasanya para dsog mengambil
amannya setahun.
- Pelbagai hal yang dipertimbangkan antara lain kembalinya elastisitas otot
perut (yg relatif beragam tergantung watak kulit dan kebiasaan hidup si
pasien), bekas luka sudah merapat sempurna atau belum, benang jahit
sudah terserap sempurna atau  belum, terjadi pelengketan pada organ lain
atau tidak
- 6 lapis kulit dan otot yang dibuka (cmiiw ya para dokter. Yang teringat baru
epidermis, endodermis, otot rongga perut, kantong rahim). Semuanya ini
perlu dijahit lagi. Nah, kepulihan irisan dan jahitan yg dalam itu kan tidak
bisa
dilihat. Walau waktu keterserapan benang jahit sudah bisa diperkirakan oleh
produsen pembuatnya, pada setiap pasien bisa berbeda-beda tergantung
penerimaan tubuh terhadap benda asing.
- Pada sebagian orang, bisa terjadi perlengketan pada organ-organ lain di
dalam rongga perut karena adanya "gangguan" sesar ini. Semakin sering
operasi, semakin tinggi risikonya. makanya biasanya para dokter melarang
ibu yang udah tiga kali sesar untuk hamil lagi. (ci/wrm)

On 5/26/06, wiwi williyanti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> pas bgt neh lagi ngomongin Ceasar Vs Normal...
>
> smart parents tanya donk.....waktu afifah saya ceasar Desember 2002
karena
> ketuban pecah dini dan di tunggu sampai 24 jam gak ada bukaan....
>
> nah maunya seh insyaallah kalo yg ke dua normal....( mau bgt normal )
> ada yg bilang bisa kok klo yg pertama ceasar yg ke dua normal......tapi
> seberapa besar seh kemungkinan unutk normal di itung dah berapa lama
dari
> ceasar yg pertama ( saya dah 3 thn lebih jaraknya ) ??
> apa makin lama jarak ama yg pertama makin besar kemungkinan bisa
> [...]

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com