Hello Mba' Dwie,...

Wah, kalo Jessica aku biasain tidur sendiri, ngga' ada istilahnya harus
digendong-gendong.
Kalau malam, waktunya bobo, abis minum susu, setelah bersendawa, saya
taro di boxnya... walaupun pada saat itu dia wide a wake,... aga' aga'
rewel sich, tapi aku diemin aja tuch, nanti tidur sendiri, sampe
sekarang pun kaya' gitu, Taro aja diboxnya, matikan lampu, nanti dia
bobo sendiri...

Selain itu bisa dicek 4 hal :

1. making sure that she has  a full tummy (kenyang minum susu)
2. making sure i got her belched after nursing (supaya nggak gassy)
3. making sure her diaper is dry
4. making sure whether she is comfortable or not (mungkin kamarnya
terlalu dingin atau panas, mungkin baju bayinya kekecilan atau
bahannya gatel di kulit mereka, etc).
kadang, keempat hal di atas udah kamu cek dan everything's okay,
tapinya si bayi masih juga nangis.
the last thing you can do (dan kadang yang paling susah dilakukan
oleh para ibu) adalah to let the baby cry for max. 20 minutes.
kalo kamu udah nyoba semua yang kamu bisa untuk bikin anakmu nyaman
(entah nyanyiin nina bobo atau rocking the baby in your arms),
what's left to do is just to let the baby cry.
emang susah , ngedenger anakmu nangis setelah ditaro, perasaan
kayak diiris-iris dan kita mikir 'aduh, i'm a bad mother because i
let my baby cry'. but you're not...
kalo nggak kuat denger dia nangis coba deh ine ke luar rumah atau go
somewhere else.

Mudah-mudahan bisa membantu....

Ita Sari

www.freewebs.com/thepickerings