From: Habib & Ivy Baehaki [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, October 16, 2006 1:53 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Sekedar curhat.ASAP DIMANA-DIMANA

***********************
Your mail has been scanned by InterScan MSS.
***********************

Saya sejak tahun 97, tiap tahun jadi korban asap-asap ini....
Dimulai waktu tinggal di Pekanbaru, lalu pindah ke Balikpapan, dan sekarang
di Malaysia (Sarawak). Kayaknya ke manapun saya pergi, selalu dikejer deh
sama si asap...
Kejadian ini selalu berulang, membuat saya dan anak-anak (Shafa dan Qika)
selalu siap-siap dengan alat tempur menghadang asma... maklum kami serumah
pada punya asma dan sinusitis... sensitif banget kalo si asap sudah
datang... (Shafa udah jadi langganan UGD, gara-gara asap ini...)

Kesal, marah dan malu sudah kerap ada di hati...
Tapi bingung aja, kenapa, ini nggak pernah berakhir...
Siapa yang salah? gak usah ditanya, kita semua sudah tau... (jelas bukan
para peladang berpindah yang selalu dikambinghitamkan semua orang, lhoooo)

Kita semua tau, kebakaran rutin tahunan ini disengaja, untuk membuka ribuan
hektar hutan kita, yang akan dibuat perkebunan kelapa sawit... tapi jangan
salah.... boss-boss alias tauke yang membiayai perkebunan itu, adalah
orang-orang Malaysia, lhoooo.... jadi di sini, kalau kawan-kawan orang
Malaysia pada protes sama kita-kita yang Indonesia, dengan enteng kita
jawab...
" Lha.... hutan yang terbakar emang hutan kami... tapi yang bakar kan
kalian... tauke-tauke itu yang suka nyolong kayu, lalu ngebakar hutan buat
kebun sawit orang mana, selain Malaysia...???"
hehehe... mereka ganti yang cengar-cengir maluuu...

Lalu apa yang kita bisa lakukan...??? hiks.... itu yang kita nggak tau...
(dah capek soalnya ngomel-ngomel di email berbagai milis, curhat di
blog-blog...) gak pernah didenger or dibaca para pemerintah siiiy....

Salam,
Ivy mama Shafa nQika