wah..ga enak jg nih aku jawab mulu...piii karna hati nurani memanggil
(deuuu) ya terpaksa deh aku mo bagi2 info hehehe...

pak, aku sempet ngajar di preschool dan bhs pengantar kita memang bhs
Inggris. sebagai pengajar, kita jg diberikan ilmu psikiater anak, jadi
sedikit banyak aku bisa jawab pertanyaan bapak ini.

menurut hukum alam yg berlaku (hehehe)...anak balita itu lebih cepet nangkep
belajar bahasa asing ketimbang orang dewasa. bahkan saking hebatnya, balita
bisa menerima tidak lebih dari 4 bahasa sekaligus. bahkan balita jauh lebih
cerdas apabila ia terbiasa mendengar lebih dari satu bahasa.

mengenai di rumah pake bhs Indonesia trus di sekolah pake bhs Inggris itu
sama sekali ga mengganggu si anak. justru biasanya anak akan lebih antusias
terhadap sesuatu hal yg baru buat mereka.

mengenai anak ga enjoy di pre-school itu bisa jadi bukan karna ga ngerti
bahasanya, apalagi untuk seusia 1 s/d 3 tahun, anak memang sewajarnya belum
bisa ngerti banyak percakapan orang dewasa. seumur itu anak hanya bisanya
meniru atau mencontoh. selagi kita memberikan contoh yg baik, maka si anak
akan bisa meniru kita dengan baik.

anak bisa ga enjoy di preschool itu bisa macam-macam sebabnya; bisa jadi
cara penyampaian materi dari pengajar kurang menarik bagi si anak,
artikulasi si pengajar tidak jelas (alias bicara kumur-kumur) akan membuat
anak menjadi malas atau tidak bersemangat, perhatian pengajar yg kurang
terhadap anak sehingga anak sibuk sendiri, kurangnya perhatian pengajar
sehingga terjadinya tindakan kekerasan atau intimidasi dari teman sebaya si
anak (misal anak sering dipukul oleh teman sebayanya, atau sering dijambak,
atau bahkan mungkin sering dikejar) hal-hal semacam ini mungkin bisa saja
terjadi di suatu kelas di preschool, dan sudah menjadi kecerobohan pengajar
apabila ia tidak memperhatikan anak-anaknya, misal pengajar asyik sendiri
dengan "dunia"nya tanpa memperdulikan keadaan anak-anaknya.

anyways...akan lebih baik bila anak belajar  lebih dari 1 bahasa sejak usia
dini. selain otak anak jadi lebih cerdas, anak jadi jauh lebih percaya diri
apabila bisa menguasai lebih dari satu bahasa. akan sangat baik bagi
perkembangan jiwa anak apabila orangtua atau orang di rumah juga ikut
men-support anak misal dengan Anda mengajak anak Anda berbahasa Inggris
sekali-sekali di rumah.

ga ada ruginya kok anak bisa lebih dari 1 bahasa, malahan itu suatu
anugerah, suatu harapan yg diingini banyak orangtua.

so, as parents, it's wise for us to support our children in doing positive
things, encourage them doing positive things, make them proud of who they
are, of what they do, of what they achieve and of what they are planning to
do, build up their self esteem when they're down or when they do something
silly...they're just a kid..a kid is just like a blank piece of paper. the
paper will filled with beautiful color and picture if we can draw it well.

cheers