Thanks atas input-nya ya bunda resa, saya jadi kepengen lekas2 bawa Daffa ke dokter, cuma sayang, DSA-nya baru praktek hari Senin, jadi kemungkinan saya akan bawa Daffa hari Senin aja.
Memang benar2 menguntungkan ya ikutan milis ini, kita bisa sharing satu sama lain... thanks ya..

From: "Ade Novita" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [balita-anda] Muntah
Date: Fri, 5 Sep 2003 09:44:05 +0700

menurut beberapa dsa reva secara garis besar, muntah bisa dibagi dua. pertama, kasus bedah (kelainannya memerlukan intervensi bedah), kalau kasus bedah seperti usus terpelintir atau apendisitis, dll, dalam 1 hari saja sdh memburuk. kedua, non bedah. Observasi saja. Ada anak2 yg tenggorokannya hipersensitif alias peka, ada sesuatu yg kurang berkenan sdh mual dan muntah. bisa karena alergi atau virus, bisa karena volume yg masuk terlalu banyak. bisa juga karena GER (gastroesofagal reflux). GER itu kembalinya cairan lambung ke esofagus dan dapat menyebabkan muntah. kadang-kadang dapat menyebabkan muntah dan anak sulit makan. yang mesti diperhatiin warna muntah, dan isinya apakah ada lendir, kapan muntahnya apakah setelah makan? atau batuk dulu dll. muntah yg terlalu sering akan merusak kleb esofagus, maka kadang perlu treatment pengobatan agak lama.

cuma diagnosa ini nggak mudah bu.. makanya mesti dsa yang periksa lebih
bagus kalau dsa yg menguasai gastro.

bunda reva