From: Mulyani [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 08 September 2003 11:29
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Anak dan lingkungan baru

Dear Mbak Sari dan Mbak Linda,

Menurut kepercayaan sich anak bayi dan balita belum boleh melihat orang
menikah atau orang yang sedang hamil. Jangankan melihat langsung
yach..secara tak langsungpun nggak boleh, misalnya: mama dan papanya
habis pulang dari orang menikah tapi belum ganti baju sudah langsung
mengendong si anak, nah setelah itu si anak akan menangis dan nangisnya
susah dihentikan. Hal ini pernah saya alami, waduh kasihan banget
rasanya melihat dia menangis menjerit-jerit seperti itu. Yah akhirnya
saya bawa ke seorang sinshe khusus anak, barulah setelah itu dia bisa
tenang dan bisa tidur kalo nggak anak saya itu nggak bisa tidur sama
sekali.

Nah kalo masalah mengajak anak ke mal, ada cerita lain lagi nich. Anak
saya sejak umur 4 bulanan saya sudah ajak ke mal dengan tujuan supaya
dia nggak takut dengan orang asing, tapi kenyataannya lain, anak saya
langsung menangis. Setelah beberapa lama terjadi seperti itu, suatu saat
saya coba mengendong dia sebelum masuk ke mal, jadi nggak pakai kereta
dorong lagi...eh..ternyata nggak nangis tuch. Nah mungkin dengan cara
kita mendekap dan mengendongnya dia merasa aman diantara orang asing
tersebut sehingga dia tidak menangis lagi, sampai sekarangpun kalau saya
mengajaknya ke mal anak saya sudah tidak menangis lagi, kalau sambil
digendong.
Waduh jadi kepanjangan sharingnya, sorry kalau tidak membantu. Kalau
masalah kepercayaan di atas, boleh percaya boleh tidak. Saya hanya
menceritakan apa yang pernah saya alami.

Mamanya Jason