Hi pak Arfan,

Wah, salut nih, pak! Sudah jadi 'breastfeeding father', juga rajin mandikan
baby-nya :)  Sudah 1 bulanan kan usia si kecil?  Mungkin sang mama sekarang
mulai coba untuk mandikan sendiri, kasihan kalau hanya di-lap setiap sore,
pak.  Kalau masih worry, bisa juga lengkapi bak mandinya dengan jaring mandi
yang banyak dijual.

Tekniknya sih sudah ok, pak.  Yang penting saat mandikan bayi, 'handle with
care'  untuk bagian leher, bahu dan bagian belakang baby supaya nggak
'kelelep' air waktu 'cibang-cibung' :)  Selain sabun, saya biasa sediakan
juga shampoo baby, cutton bud atau kapas di area yang langsung dalam
jangkauan tangan, karena makin gede, baby makin lincah di dalam bak air dan
agak 'heboh' kalau harus fokus ke baby di bak and sekaligus nyari2 peralatan
mandi yang dibutuhkan. Baju dan diaper (popok) nya juga sudah ready, supaya
waktu diangkat dari bak air, dia nggak terlalu lama kedinginan.

Setuju dengan mbak Listi, baby oil dipakai kalau memang diperlukan saja
(mis. kulit kering).  Juga minyak telon, kalau memang hanya untuk
menghangatkan tubuh.  Kalau sudah ada baby oil, terus minyak telon, tambah
bedak, selain 'greasy' juga ada kemungkinan pori2 kulit tertutup. Apalagi
kalau sorenya hanya di lap.  Yang penting, alat vital baby jangan ikut
dibedak ya, pak :)

Mandi air dingin, bisa mulai diperkenalkan.  Bisa tunggu sampai at least
baby happy2 dulu dengan aktivitas mandi air hangatnya, baru mulai dibuat
rendah suhu air mandinya secara bertahap :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena