Sama tuch mbak sama temenku, anaknya ASI eksklusif, Bbnya standar aja,
naiknya dikit... Pas udah 8 bulan disuruh kasih susu formula ( dicampur)
biar Bbnya naek. Padahal Asi tabungannya banyak...akhirnya dia sumbangin
ke orang... Sayang banget tuch...

Adikku juga begitu, ASI ekslusif anaknya baru berhenti nyusu udah 18
bulanan. Bayinya kecil, jalannya baru bisa pas 18 bulan, nggak
merangkak, nggak tengkurep, makannya dikit, baru ngomong pas 2tahunan,
tapi sehat tuch sampe sekarang. Alias nggak ada kelainan, ternyata
karena ada turunan dari kakakku yg nggak pake merangkak, tapi langsung
jalan. Lambat ngomong turunan dari papanya...

Mbak kayaknya kalo perkembangan anak bukan diliat dari ASI ato formula
dech. Bisa jadi keturunan dari ortunya..ato memang dari hamilnya udah
ada "kelainan". Soalnya kalo menurut saya ASI emang top dech....

 Aku udah buktiin dan bandingin antara anak pertama dan kedua,
Yg pertama Cuma asi sampe 4 bulan, trus  susu formula yg seri Gold,
royal apalah, ato P****S**E.
Tapi tetep aja tuch BBnya susah naek, udah cek segala macam takut ada
penyakit, bahkan aku sampe therapy setiap minggu ke DSAnya untuk naikin
BBNya.sampe 4 bulan tetep tuch nggak ada perubahan,Bbnya cenderung
"kurus", sampe dsanya bingung mo kasih vitamin apa lagi ya bu...padahal
makannya juga bagus, dan Insyaallah bergizi sekali menurut
saya...(maklum anak pertama...apa sich yg nggak diusahain). Akhirnya
dsnya bilang ...turunan kali bu.. Karna liat papanya (suami saya) yang
memang kurus (kalo mamanya ndak he..he.  Masih banyak lebihnya ), dan
ternyata di keluargaku rata2 kalo masih kecil gitu pada kurus2.
Kakaknya malah cenderung gampang sakit ya dibandingin ama adiknya yg
ASI..adiknya asi Bbnya juga hampir sama dgn kakaknya yg anak susu
formula.hafiz (1.5 th) pilek, batuk nggak aku kasih obat apalagi
antibiotik tapi cepet sembuhnya.

Jadi tetep ASI is the BEST....(pasti ALLAH mmempunyai membuat yg terbaik
yg sangat bermanfaat buat kita dgn dibuatnya ASI pada ibu, dibandingin
sapi...he...he...)

Sorry jika kurang berkenan....just sharing aja.... Sesuai pengalaman
pribadi