  From: Hanifa
  To: balita-anda@balita-anda.com
  Sent: Friday, April 27, 2007 8:57 AM
  Subject: Re: [balita-anda] sharing ASI ekslusive [was] ASI Basi

  ***********-***********

  Dear ALL,

  Ma'af nih kayaknya email saya ini membuat salah tangkap, saya ini beranggapan
ASI is the Best.
  Ini saya ceritakan yg lengkap tentang ibu yg saya ceritakan dibawah.

  SI Ibu ini anti susu Formula, ibunya bekerja Full day dari pagi sampai malam
kira-kira sesudah mgahrib sampai rumah.Pagi-pagi diperah ASI nya, jadi susu
yang di perah di pagi ini di berikan sampai si ibu pulang lagi malamnya.

  Kalo pagi hari memerah susu sekali memang bisa dapet berapa banyak ?
  Bayangkan si bayi hanya mengkonsumsi ASI tsb sampe sore, meurut saya sih
kurang.
  ASI eksklusif yang dimaksud harus memenuhi kwantitas dan kwalitas.
  Kwantitas berarti harus memenuhi kebutuhan bayi, kapan bayi haus harus di
berikan.
  Kwalitas berati gizi makanan si ibu pun harus tinggi.

  nah kalo si ibu kerja Full day ninggalin bayinya, terus makannya juga nggak
diperhatiin gizinya. Menurut saya sih ini bukan yg termasuk ASI eksklusif yang
dicanangkan WHO.

  Kasihan si bayi, dia belum bisa ngomong. Malah ada ibu-ibu yang fanatik berat
ASI eksklusif, dia nggak ngerti si bayi rewel melulu karena ASI nya nggak
cukup. Si Ibu tetap ngotot kalo ASI nya banyak
  ;(

  Nutrisi secara total harus memenuhi, kalo kurang harus ditambah, DITAMBAH
bukan DIGANTIKAN. Jadi ASI diberikan semaksimal mungkin dan ASI sebaiknya
diberikan sampai anak berumur 2 tahun.

  Mudah-mudahn email saya dibawah tidak memberikan salah pengertian sama yg
lain.

  Hanifa

  *yg pernah sedih krn enggak bisa ASI eksklusif*

  >Saya salut  sama ibu2 di BA yang bisa ASI eksklusif.
  >
  >Sekedar sharing,
  >Dulu saya penganut ASI eksklusifisme, tapi kenyataan berbicara lain.
  >
  >Pada awalnya ASI saya nggak gitu banyak, anak saya kekurangan nutrisi
kelihatan agak kurus.
  >Setelah chek ke DSA yg kebetulan DSA moderat, dia menganjurkan bila bayi
masih kurang maka ditambah dengan susu formula, sambil saya terus memperbanyak
ASI.

  >Anjuran DSA tsb saya terapkan, hasilnya saya jadi nggak gitu stress dan ASI
saya jadi banyak, tapi bayi saya (laki-laki) kebutuhan susunya juga banyak,
jadi tetap nggak bisa ASI eksklusif.
  >Tapi setelah itu Bayi saya lebih gemuk dan perkembanganya cepat, bisa jalan
umur 10 bulan.

  >Kebalikannya ada pengalaman disekitar saya, ibunya ngotot ASI eksklusif 6
bulan, anti susu formula. Katanya sih ASInya banyak (dia bekerja), jadi
kerjanya memerah ASI.
  >Tapi saya lihat bayinya kok kecil dan perkembangannya lambat, bisa duduk aja
baru umur 10 bulan.

  >Memang idealnya bayi 6 bulan ASI eksklusif. Sebaiknya sih kita jangan hanya
terpaku pada masalah ASI eksklusif atau tidak tapi malah lupa pada
perkembangannya. Apalagi ASI yg berkwalitas bisa diperoleh bila makanan yg
dikonsumsi si ibu juga bergizi.

  >Bukankah Bayi sekarang (yg orang tuanya mampu) beruntung bisa menikmati
teknologi dengan adanya susu formula.