hmmm...perbandingannya gak apple to apple niy.

kalau mau apple to apple, bener2 dites dengan hal2 yang benar2 sama
antara kedua anak, dengan environment/lingkungan yang benar2 sama,
dengan kondisi ortu yang benar2 sama (bekerja atau tidak misalnya,
gajinya berapa), dengan suasana lingkungan yang sama. pokoknya semua
sama, kecuali susunya yang satu asi yang satu formula. baru deh bisa
bikin perbandingan yang adil.

kembaran saya putrinya minum sufor. alhamdulillah sehat dan pintar.
sepupunya minum asi eksklusif, tapi ada tanda2 autis. tapi bukan
berarti terus kembaran saya berpindah ke lain hati, jadi pengikut
sufor. malah hebat lhow, bisa asi eksklusif pas anak kedua, jadi donor
pula.

kedua anak saya asi eksklusif, alhamdulillah. dengan kondisi yang
relatif sama, perkembangannya jika dibandingkan berbeda. tapi satu hal
yang pasti, keduanya tumbuh sehat, lebih tahan pada penyakit, makan
ndak ada masalah. tapi sekali lagi, jangan dibandingkan sama yang lain
yaa... karena ada banyak faktor yang jadi pengaruh dalam tumbuh
kembang.

intinya, bukan hanya asi yang akan menentukan tumbuh kembang si anak.
tapi akan jauh lebih baik jika asi diberikan dibandingkan susu
formula.

mohon maaf jika ada yang berbeda pendapat.

buat yang lom bisa asi eksklusif, jangan jadi down yaaa... insya Allah
putra selanjutnya bisa asi eksklusif. kalau yang belum ada tambahan
putra, ayo digarap faktor pendukung sukses asi eksklusif, yaitu suami
dan keluarga sendiri.

*abis meeting 4 in a row*