kalau kata ustadz (yg dulu pernah) kondang, caranya gini:
benahi diri sendiri
benahi dari yg kecil
benahi dari sekarang.
(bener nggak sih tuh...)

back to subject, beberapa perusahaan (utamanya MNC) sdh berangsur
'meninggalkan' pola expatriate dan cenderung menerapkan kerja secara
regional/cluster dimana satu orang mengerjakan pekerjaan spesifik dg
scope beberapa negara berdekatan sekaligus. kerja juga nggak harus on
site tapi secara virtual work/team, toh teknologi dan sarana
komunikasi sudah memungkinkan untuk itu, misal: teleconference, 3G
handphone dst.

expat?
mana kuat.......

just imho
yu-

kalo menurutku kita real aja.
perusahaan membutuhkan expat. tapi expat punya standard gaji dan
kesejahteraan sendiri.
mau ga mau perusahaan harus mengeluarkan segitu.
kalo karyawan indonesia juga punya standard sendiri. dan perush juga ga
mau rugi.

kayak jenis pekerjaan juga. bule punya standard sendiri. bule2 da mulai
meninggalkan pekerjaan seperti pilot, abk dll.
mereka anggap itu pekerjaan kelas sekian. sedangkan indonesia enggak.
bahkan buruh2 kita banyak yg kerja di negara lain.
banyak banget yg perlu dibenahi oleh negara ini. kadang gw bingung.
kalo gw presiden gw benahinnya mulai dari mana ya ? hehe