Alika dulu jg cesar.
Minggu 37 ada vlek abis subuh jam 5an, langsung ke RSIA.
Ngider2 di selasar RS sampai jam 3 sore,
kontraksi lancar, tp ngga ada bukaan.
Begitu di monitor, ternyata setiap kontraksi makin deket,
denyut jantungnya makin tdk teratur, ngga kuat kalo dipaksa spontan, kt dr.
Asdi.
Diputusinlah cesar saat itu juga, ngga ada rencana.
Alika lahir 3,9kg 53cm ... :)
Cepet kok, mbak. Ngga perlu khawatir.
Krn bius lokal, waktu itu malah sempet ngobrol sama ahli anestesinya.
Sy deg2annya pas mikirin tagihannya aja..hehehe....
Hari ke2 stlh cesar dipaksa jalan walopun kaki masih senut2.
ASI sih hari ke2 udah lancar.
Cuma, dipesenin sama dr Asdi, selama 1 bulan hati2 jaga bekas jahitannya.
Sering2 dibersihin & jangan angkat2 yg berat2.
Trus jangan minum jamu2an.
Kayaknya udah makin canggih deh tekniknya.
BTW, ngga cari second opinion, mbak?
Sy sempet divonis cesar ngeliat besarnya bayi.
Tp ngotot mau spontan juga, walopun akhirnya teteup harus cesar.

Salam,
-MamaAlika-