Jadi inget dengan film "The Others"-nya Nicole Kidman.

Doi punya anak yang suka lihat makhluk gaib sementara doi nggak percaya
sedikitpun dengan cerita si anak. Doi pikir si anak itu cuma berfantasi doang.
Eh, nggak tahunya ..... semuanya salah! Si anak itu bukan lihat hantu, tapi
justru doi dan kedua anaknya itulah yang hantu, dan makhluk yang suka dilihat
sama si anak adalah si manusia yang sesungguhnya:-)

Kalau kita kadang-kadang takut dengan makhluk halus ...... jangan-jangan,
makhluk halus pun takut dengan kita .... hehehe.

aaNg

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      .id>

                                       To:     <[EMAIL PROTECTED]>

                      10/11/2003 08:45 cc:

                      AM               Subject:

                      Please respond           Re: [balita-anda] Anak berfantasi??

                      to balita-anda

pagi mbak atik yang lagi kebingungan.. ^_^ ...
sebelumnya saya cerita dikit (bukan nambahin kebingungan lho), ada satu
sodara saya disemarang, dia mempunyai kejadian yang mirip dengan Sekar, dia
mengatakan kalo anaknya sering lihat ada orang dikamar dia, hanya bedanya,
si Chrstian (si kecil) gak takut, malah kalo pas lagi maen, dia sepertinya
ada yang ajak dia maen.. kalo kita yang lihat, dia seolah ngomel sendiri...

saat itu sama mamanya dikirain dia punya temen fantasi, tapi kadang si
"temen" ini juga gak kenal waktu, sikecil bobok, dibangunin untuk maen,
lebih parah lagi, kadang lagi bobok, Christian ini digodain dengan dicubitin
lha, pokoknya dikerjain sampe si kecil ini nangis dan marah-marah...

mamanya lama-lama curiga, dan kebetulan tetangga ada yang emang pinter liat
gituan, ya emang ternyata si kecil tidak dengan teman fantasinya, kata orang
tsb, gak papa, karena "teman" ini gak jahat, udah diajak kompromi kali ya
sejak itu "teman" ini gak usilin christian, seterusnya saya gak jelas, cuman
terakhir yang saya tau, si "teman" ini udah gak godain lagi. Kadang cristina
masih sering kayak ngobrol. Mamanya yang ngeri kalo sendirian.

Nah, saya sih tidak memastikan kalo ini emang "temen" halus, bisa saja
fantasi, tapi kita juga sebagai ibu bisa kok merasa anak kita itu melihat
sesuatu atau hanya berfantasi. Kalo seandainya emang bener itu "temen", kalo
saya bisa kasih masukan, mbak atik saat si kecil nangis ato ketakutan/lagi
lihat om kamar, mbak atik ajak aja om kamar ini ngomong, jelasin kalo tolong
jangan ganggu/usilin anak mbak. ajak bicara seolah dia itu mengerti, bisa
kok kayaknya...itu cuman saran aja, tak lupa doa mbak... karena apapun, yang
paling manjur didunia ini dalam menghadapi masalah apapun cuman doa...
apalagi doa ibu..

semoga membantu, sorry kalo kepanjangan...