To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, February 20, 2008 3:48 PM
Subject: [balita-anda] Pelajaran utk Uap-Uap batpil malah jd luka bakar

Dear All,
Saya ingin share kejadian yang menimpa saya dan Adit (3th) beberapa waktu
lalu, smoga bisa diambil hikmah & menjadi pelajaran bagi kita smua.
Akhir-akhir ini krn cuaca yang kurang bagus anak-anak & juga orang dewasa
terkena batuk pilek (batpil). Pada anak-anak kadang sampai menyumbat hidung
(jd mampet).
Adit anak saya pun demikian, setiap tidur selalu gelisah karena hidungnya
mampet. Saya selalu membalurkan vicks vaporub di leher/punggung dan dadanya
dan juga menyemprot2 minyak kayu putih di sprei & gordyn agar ruangan
menjadi hangat.
Sabtu dua minggu lalu (9 Feb) terpikir oleh saya, kalau hidung mampet, kami
biasa uap-uap dengan air panas yg diberi minyak kayu putih. Dan biasanya
cukup manjur dengan terapi tsb (biasanya dg wadah rice-cooker).
Sore itu saya minta si mbak utk panasin air & taruh di baskom utk uap-uap.
saya & adit sambil nonton TV (biasa nonton dgn lesehan di lantai). Saya
pikir dia sudah cukup besar utk bisa diajak uap-uap di dekat baskom (=baskom
yg di pakai mangkuk besar utk mengocok telur/bikin kue). Tapi ternyata dia
menolak/meronta waktu saya ajak dekat ke baskom. Gak dinyana baskomnya
kesenggol saya dan tumpah lah air panas td ke kaki saya, cepat-cepat saya
ambil baskom yg msh berisi air.
Saya terkejut krn Adit lgs duduk utk menonton TV tiba2 nangis & teriak
panas, bunda nakal.. ternyata air panasnya mengalir ke depan TV.
Buru-buru saya angkat anak saya dan saya bawa ke belakang - buka celananya,
masya Allah..duh moms.. pantat anak-ku lumer..seketika itu pula aku olesi
centabio (setara bioplacenton) sampai 1 tube habis..dan kulit anakku ikut
luruh.. duh..merinding. Adit teriak-2 , suami marah2...
Sambil aku gendong Adit (biasanya aku ga kuat mengangkat..krn bobotnya yg 23 kg itu..tp utk menenangkan dia aku dekap & gendong) aku bilang ke ayah..kita
ke UGD sekarang!
Perjalanan ke UGD RS , didalam mobil agak susah juga..krn yg kena pantat
anakku dua-duanya otomatis tdk bisa duduk, jadi msh dalam dekapan saya dia
meronta2.
Sampai di UGD dokter & beberapa perawat/petugas membantu memberikan
pertolongan, saya ga kuasa melihat lukanya. Dia terus meronta-ronta, nangis
& teriak-teriak..bunda nakal,sakit & panas.
Saya lemes sekali......saya tidak bermaksud mencelakakan anak, tapi
kenyataan-nya anak saya menderita melebihi hidung mampet krn pilek.
Anak saya hrs di suntik anti tetanus, mengkonsumsi AB-Qidrox agar tidak
terjadi infeksi krn luka bakarnya.
Sebenernya Adit boleh di rawat di rumah..tapi waktu mau ganti perban
lukanya- saya lemes (krn merasa bersalah juga) dan anaknya menangis sambil
teriak2 bunda nakal...Akhirnya kami balik ke RS esok harinya..dan meminta
perawatan di RS dgn pengawasan dokter bedah.
Alhamdulillah menginap di RS tidak membuatnya takut (mungkin krn tidak di
infus) dan cuma dia sendiri dgn ayah bunda-nya jd spt di rumah jg- yg
membuat saya lemes kalau pas ganti perban pagi dan sore, hrs dengan 3 org
perawat.
Selama +/- 6 hari di RS akhirnya kami pulang ke rumah, luka di pantat-nya
sudah membaik dan tidak di perban lagi.
Saat ini dia sudah bisa duduk...bermain / aktif spt biasa.
Pelajaran berharga utk saya..kalau ingin bertindak - melakukan sesuatu
dipikirkan resiko-nya dan utamakan keselamatan.
Pastikan wadah /alat yg dipakai. harus aman.
Semoga kejadian yg menimpa saya & Adit, tidak menimpa orang lain.

Mohon maaf bila kepanjangan.

salam,
-bundAdit&Puan-