Hi Intan :)

Iya, sudah ngantor dari awal bulan ini + 'acara' tambahannya merah ASI deh..
Dua hari lagi Aleta umur 4 bulan and bersyukur so far masih ASI eksklusif,
'kan ikut terinspirasi dari mom Intan yang sukses besar program ASI
eksklusifnya :)

Anyway, mungkin bisa jadi tambahan sharing untuk para moms lain yang juga
sedang menyusui esklusif dan harus memerah ASI karena bekerja di luar rumah:

Info yang saya baca dari www.babycentre.com, waktu ASI diperah (langsung
dengan mulut baby atau diperah ke dalam botol), salah satu kelenjar di bawah
otak lepasin hormon oksitosin.  Terus lewat aliran darah akan sampai ke
payudara, hormon ini akan buat otot2 sekeliling alveoli yang 'penuh' susu
berkontraksi dan mengalirkan susu lewat saluran2 ke dalam 'kolam susu' di
bawah areola.  Nah, fase ini yang dikenal dengan sebutan 'let down' -- ASI
keluar banyak (seperti semprotan shower :))

So, setiap kali merah ASI dan mulai agak sedikit ASI yang keluar, ingat
alinea di atas: massage payudara, tunggu sebentar, kondisi dibuat rileks,
bayangin hormon oksitosinnya lagi 'on the way' ke 'kolam susu' ... and tiba2
sudah buanyaaak banget ke luar ASI yang diperah ke dalam botol.
In general, dari 3x pengalaman kasih ASI eksklusif untuk anak2 saya, kondisi
psikis ibu menyusui yang dibuat rileks dan nggak stress jadi salah satu
jaminan untuk supply ASI sangat-sangat memadai (kedengarannya klise .. tapi
bener lho! :))

yang siap2 nanti sore perah ASI lagi sebelum pulang kantor,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

On Fri, Apr 18, 2008 at 1:08 PM, boedoet <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> haduhh kangen deh baca postingan mbak sylvia :)
> gimana acara meres2nya mba?? semoga sukses!!!!!!!!!
>

> <deleted>

Kirim email ke