Hi Sefty,

Long time no see ... Congrat ya untuk kelahiran putri ke-2 Naura :)
Nggak berasa sudah mau habis cuti melahirkannya...

Iya, ASI memang OK banget! :)  Seminggu sebelum ngantor, orang serumah,
termasuk saya, gantian terus batuk, pilek, radang tenggorokan.  Sementara
semua orang sibuk dengan tissue dan masker, jeruk nipis-madu, sup hangat,
dll, Aleta nggak ikutan 'meler' , malah sibuk dengan skill barunya: tummy
time :)

Wah, saya nggak bisa sharing banyak untuk yang ini.  Jovan, Rena & Aleta
kebetulan nggak masalah dengan minum ASI perah dari botol susu dan untungnya
nggak pada 'bingung puting' juga.

Mungkin bisa coba sedikit 'disiasati' :
- Coba kasih ASI perahnya waktu Naura sedang lapar banget and/or dia sedang
ngantuk. Siapa tahu dengan begini, dia cukup 'pasrah' untuk dikasih ASI via
pipet/sendok/dot.  Mungkin perlu waktu untuk adaptasi sampai Naura terbiasa
dan belajar kalau dari 'media' lain, bukan ASI langsung dari ibunya, tetap
keluar susu (ASI) juga :)

- Kalau Naura nggak mau juga, mungkin perlu transisi.  Sekali-sekali waktu
Naura menyusui langsung, coba pakai alat 'nipple -shield' (yang biasa
dipakai ibu menyusui kalau sedang lecet putingnya atau nipel datar/ke
dalam).  Jadi lidah Naura kenal juga dengan material silicon/plastic ini dan
belajar: dari alat ini ternyata ASI ke luar juga.  Dicoba terus beberapa
kali, baru pindah ke dot botol susu (mungkin mulai dengan dot yang bentuknya
mirip puting ibu, seperti _Huki_).

Sekadar tips dari pengalaman dengan 3 anak saya supaya nggak 'bingung
puting' karena terbiasa minum ASI perah dari botol susu:

- ASI perah di botol susu hanya diberikan waktu saya nggak ada bersama anak.
Jadi selama hari kerja biasanya maksimum anak lihat botol susu 4x.
Selebihnya harus menyusui langsung dengan ibunya.

- Kalau memungkinkan, jangan dulu berikan ASI perah sejak usianya baru
beberapa minggu (kecuali kalau memang terpaksa ibu harus berpisah sementara
dengan baby di usia itu), so baby punya waktu lebih banyak menyusui langsung
dibandingkan via alat lain.

- Sepulang kantor, setelah bersih2 sebentar, langsung kasih kesempatan anak
menyusui langsung. Tiga anak saya, biar baru saja selesai minum ASI perah
dan kenyang banget, tetap saja suka kalau lihat saya pulang dan mereka bisa
menyusui langsung.  Kadang saya pikir mereka hanya ingin tunjukkan rasa
'kangen' sama mamanya juga aroma tubuh mamanya, bukan hanya karena haus dan
ingin ASI.

- Somehow, saya selalu merasa karena ASI perah dalam botol susu berbeda cita
rasa dan  baunya dibandingkan susu formula dalam botol susu, ini yang buat
baby juga bisa belajar untuk tetap 'sayang' dengan sumber ASI langsung alias
payudara ibunya.  So, walau pakai media lain, toh ASI juga yang dia minum
dan tetap ... frekuensi menyusui langsung harus dibuat jauh lebih sering
daripada minum ASI perah.  Mungkin juga ada typical baby seperti anak2 saya:
mau pakai apa aja alatnya, asal yang diminum ASI, nggak masalah buat mereka.

OK, Sefty .... selamat bersiap2 ngantor dan buat stok ASI :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke