Hi mbak Ila,

Baca e-mailnya mbak, yang terpikir oleh saya: Dila sudah lebih dari 1x
ngalamin typhus ya, mbak? Dan kebetulan sering kejadian pas mau/sedang
menghadapi ulangan umum.  Jam sekolahnya cukup panjang untuk anak usia 7
tahun dan punya juga gejala 'maag' yang kadang kambuh - semuanya related
dengan sistem pencernaannya (kalau memang nggak ada keluhan/gangguan
lainnya).

Gimana dengan vaksinasi typoid (booster)nya, mbak?  Kalau dulu pernah dapat
usia 2 tahun, biasanya akan diulang 3 tahun sekali setelah itu. Ini untuk
meminimalkan resiko terkena typhus, apalagi anak semakin besar dan sudah
mulai kenal makanan apa saja (nggak hanya yang disajikan di rumah).

Dengan jadwal sekolah yang panjang, sudah mencakup jadwal makan pagi dan
makan siang juga makanan selingan yang mungkin nggak dilakukan di rumah ,
apalagi ada riwayat typhus dan maag, mungkin bisa lebih dicermati lagi menu
makanan sehari2 nya. Dila sudah cukup besar, mungkin bisa diajak 'ngobrol'
tentang makanan/minuman yang harus jadi prioritas dia supaya terhindar dari
infeksi saluran pencernaan lagi, prioritas untuk makan bekal dari rumah
daripada jajan di luar karena sistem pencernaannya yang mungkin lebih
'sensitif' dibandingkan teman2 nya yang lain.

Issue lain, mungkin juga 'sakit perut' karena Dila agak stress dengan event
yang mau dihadapin (ulangan, ujian, dll.) - kalau sudah masalah 'psikis'
seperti ini, saya yakin mbak tahu cara handle-nya :)

Mungkin sekarang di-observe aja, mbak. Ada 2 hari weekend ini, mbak bisa
lebih intens untuk observe, khususnya penanganan demam (kalau ternyata
demamnya jadi meningkat) dan indikasi lain.  Catatan observasi ini berguna
kalau nantinya memang mau konsultasikan dengan dokter.  Langsung
'presentasi' di hadapan beliau hasil observasi mbak (pengalaman saya, dengan
presentasi model begini, dokter terbantu banget untuk tegakkan diagnosa).

Kalau memang beliau menyarankan untuk menjalani treatment untuk menegakkan
diagnosa typhus (karena hasil pemeriksaan fisik atau karena ada Dila memang
ada history-nya), coba minta test penunjang Gal Culture (instead of test
Widal).  Hasilnya lebih akurat, meminimalkan resiko diagnosa positif (palsu)
typhus dan mungkin sampai nggak perlu perawatan RS.

semoga Dila cepat pulih dan siap ikut ulangan, ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

2008/6/6 Rizqiyah, Ummi-Lailatul <[EMAIL PROTECTED]>:

> dear all.
> mo minta sarannya donk,
>
>  dila ( mo 7 th), tadi pagi ngeluh sakit perut, tapi bukan mules mo
> pup. tadi pagi sich nggak panas, tapi pas telpon mbak katanya agak
> anget. yg jadi kepikiran, takut typhusnya kambuh lagi soalnya dari dulu
> langganan ;(  dan setiap ke dr pasti dirawat dech. pernah 2 kali aku
> keukeh nggak mau dirawat, dgn alasan macem2 (pan dah pinter). cuma yg
> tahun lalu t'paksa mau karena dah cukup tinggi  (paratyphi O nya) dan
> dila lagi ulangan umum ya wis masuk aja.

> [...]

Kirim email ke