Hi mbak Ila,

Semoga Dila sekarang sudah semakin pulih, ya mbak..

Gejala demam yang sampai berhari-hari memang bisa buannyakk banget
penyebabnya. Kadang bisa dibilang, penyebab demam tingginya itu 'unknown'.
Tetap observe ketat aja mbak kondisi Dila.  Kalau dia sudah mulai ceria,
demam sudah mereda, terus bujuk untuk perkuat daya tahan tubuhnya dengan
makan/minum bergizi dan istirahat. Mungkin memang ada infeksi, tapi karena
demam yang sudah tidak tinggi terus-menerus, LED hasil lab yang menurun,
sudah mau makan/minum, sudah jadi pertanda baik :)  Tetap aja cermati jangan
sampai lemes, pusing sekali atau dehidrasi.  At least, terus perbanyak
cairan untuk antisipasi.
Kalau kondisi seperti ini terus dijaga dan kondisi Dila semakin baik,
mungkin Jumat nanti pemeriksaan yang dilakukan hanya untuk konfirmasi aja
kalau Dila sudah benar2 pulih.
ISK secara umum biasanya punya gejala khusus juga yang kelihatan dari pola
BAK nya Dila beberapa waktu terakhir ini.  Kalau memang BAK Dila tidak ada
masalah, mungkin memang bukan ISK infeksinya.

Btw, vaksin typhoid (_Typhim_) memang diberikan pertama kali waktu usia 2
tahunan, setelah itu boosternya dilakukan 3 tahun sekali.  Logisnya, dengan
adanya booster berarti kekebalan yang didapat bukan yang menetap (seperti
mis. MMR), vaksin itu hanya punya daya proteksi kurang lebih 3 tahun,
makanya perlu vaksinasi penguat.
Kalau lihat dari history kesehatannya Dila, mungkin nggak ada salahnya
konsultasi dengan DSA nya untuk dapat vaksin (booster) ini.  Dari ceritanya
mbak, mungkin memang Dila punya sistem pencernaan yang 'agak sensitif'
dengan jajanan/makanan luar.

hope she'll be better soon ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke