Dear Mbak Dewi Sinta,
Saya juga dulu mengalami hal yang sama.
Ada beberapa penyebab anak menangis pada waktu kita berangkat bekerja, ini saya
dapatkan dari sharing teman-teman dulu di milis ini juga dan sudah saya
praktekkan dan terbukti juga berhasil :
Pertama, mungkin anak merasa tidak nyaman dengan orang yang ada disekitarnya.
Mungkin ini baby sitter, mbak atau orang yang menjaganya, selama kita pergi
bekerja. Nah ini harus dicek.
Kedua, usahakan pada waktu mau berangkat kita sudah tidak lagi mengendong anak.
Jadi pada saat kita akan berangkat bekerja, kita tidak serah terima anak begitu
ke orang yang menjaganya. Jadi tidak ada ritual pindah gendong dari kita ke
orang lain. Karena anak menyangka diberikan kepada orang lain, ini tidak
disukai anak.
Jadi usahakan 15 menit sebelum berangkat, anak sudah bermain atau dalam
gendongan orang yang menjaganya.
Ketiga, usahakan quality time dengan anak selama 15 menit minimal setiap hari,
dimana perhatian kita benar-benar untuk sang anak, tidak sambil nonton, atau
tidak sambil mengerjakan pekerjaan lain, jadi totally berduaan seperti sedang
curhat ..:-). Jadi anak merasa yakin bahwa kita sayang padanya. Anak perlu
diyakinkan, tidak saja dari ucapan.
Keempat, memang ada masanya anak tidak mau ditinggal. Ini akan berkurang
seiring dengan bertambahnya usia.
Demikian sedikit sharing saya, mudah-mudahan bermanfaat.
Salam.
Afie.