Mbak,

Coba bantuin yah
Makanan sebaiknya ngga diblender.. akan terlalu halus jadi ngga
merangsang kemampuan ngunyah si kecil. Apalagi dicampur aduk jadi satu.
Apa gak mblenger tuh. Disaring lebih baik. Lalu lama-lama tingkatkan
kekasarannya. Kalo saya dulu awal saring pakai saringan kawat, trus
lanjut ke parutan keju, trus lama-lama udah bisa kasar deh kek orang
dewasa.

Kalo saya dulu, berdasarkan literatur yang saya baca juga. Mulai awal
MPASI makan sebaiknya dipisah-pisah. Artinya gini, pisahkan karbohidrta,
sayur, lauk dsb. Tujuannya agar si anak mengenal berbagai macam rasa
asli dari makanan. Misal rasa nasi begini, rasa sayur bayam begini,
wortel manis, tempe gurih dsb. Dengan begitu, si anak gak bakal bosen.
Karena rasa makanan aja udah kaya. COba kalo diblender, kita aja yang
ngeliatnya aja udah eneg kan hehehe.. Memang sih bakal repot dikit
tapiiiii.... aku sendiri merasakan manfaatnya sekarang. Si RIffat
apa-apa doyan. Segala sayur dan buah dia gak nolak. Mau sayur disajikan
tunggal atau beserta nasi ayuk ajah..

Cara penyajiannya pakai piring yang disekat-sekat, pisahkan 1 sekat
nasi, 1 sekat sayur, 1 sekat lauk. Pada awalnya bisa dikasih nasi dulu,
lalu sayur, lalu lauk. Nah kalo udah kenal baru deh bisa sedikit nasi
kasih sayur ... yah kek orang dewasa lah cuma dalam bentuk makanan bayi.

Ok moga2 membantu yah

-ida-
http://ardanicollections.multiply.com

Kirim email ke