From: boedoet [mailto:boed...@gmail.com]
Sent: Monday, June 22, 2009 2:34 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Kepala Panas

iya mbak, aku paham bgt :D aku juag pasti begitu, sedih, kepikiran terus
kalau anak sakit...\\nah skg ini mbak bilang kan dah di cek mace2m hasilnya
negatif ya? dari feses semau negatif? pubnya bagus? cek urin rutin dan
kultur sudah? cek darah apa saja?

yg penting jaga asupan cairannya ya mbak... satu2nya yg pertama kali harus
ditakutkan kalau panas adalah dehidrasi.... semantara penyakit lain
insyaallah bisa dinomor duakan... tubuh anak (sekecil apapun) pasti punya
mekanisme sendiri ntuk melawan penyakit.... dan semakin dini dilatih, akan
semakin baik daya tahan tubuhnya saat sudah besar nanti....

selain itu, kalau pada anak2... yg dilihat adalah pada behaviornya...
setinggi apapun demam, kalau anak masih terlihat fine, aku yakin hanya
penyakit yg reltif ringan dan akan sembuh dengan sendirinya.... sementara
kalao gak ada demam TAPI anak terlihat sangat lemas (dan behavior sangat
tidak biasa), justru ini yg berbahaya....

mbak, nanti kalau demam sudah turun, tetap perhatikan behavior anak ya...
kalau demam turun dan anak masih aktif, insya allah itu berarti sudah sembuh
(mungkin roseola? bisa jadi...), tapi kalau demam turun sementara anak mbak
terlihat sangat lesu luar biasa.... mungkin demam dengue...

sekali lagi, perbanyak minum... kasi minum apapun yg dia suka ya mba...