Hi mbak Siska,

Selamat atas kelahiran putra tercinta, ternyata usianya hanya beda 1 bulan
dengan putra saya Luigi. Wah ... jadi nambah nih anggota club 'mother of 4
nya' di milis BA :)

Sekadar ikutan nimbrung, saya kurang tahu apa ada hubungannya:  Sudah pernah
dibicarakan lebih rinci dengan ahli medis yang menangani, apakah ada
hubungan antara demam (infeksi) ini dengan kondisi waktu lahir dan minggu2
pertama pasca kelahirannya?

Apa memang mbak bersalin pada usia kandungan seharusnya?  Karena kalau lihat
BB lahir babynya yang < 2500 gr (mungkin masuk kategori baby prematur atau
baby ber-berat lahir rendah/BBLR) apa mungkin ada pengaruhnya dengan kondisi
si kecil yang agak lebih 'rentan' dengan infeksi atau kalau pun sudah 'deal'
dengan infeksi, agak lebih lama untuk recover-nya?  Sekilas baca messages
thread ini, disebutkan kondisi jaundice (mungkin juga sudah ngalamin
treatment photo-therapy) dan (+) infeksi virus (bakteri?) dalam biakan
fesesnya yang sudah harus dialami di bulan2 pertama pasca kelahiran, ya
mbak.  Belum lagi kalau menghitung kemungkinan resiko infeksi RS (infeksi
nosokomial) karena sudah pernah dirawat inap pasca kelahirannya.

Kalau memungkinkan, tetap persering pemberian ASI untuk si kecil, ya mbak
(nggak gampang, tapi mbak upayakan diri untuk tidak terlalu panik dan stress
supaya supply ASI mbak mencukupi kebutuhan si kecil).  Bayi usia 3 bulanan,
yang belum punya banyak  'senjata' untuk deal dengan (whatever) infeksi,
belum bisa 'toleransi' dengan asupan nutrisi makanan padat (se-'bergizi' apa
pun nilainya) dan masih cukup 'rentan' kalau terus menerus 'dibombardir'
obat-obatan/chemicals, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk membantu daya
tahan tubuh/sistem imun-nya selain usaha extra keras untuk memberikan ASI.

Kalau memungkinkan juga, upayakan untuk sharing informasi selengkap2 nya
kepada ahli medis yang menangani tentang hasil observasi mbak (sekecil or
se-nggak penting apapun) tentang kondisi anak mbak sejak ia pulang ke rumah
pasca kelahiran, apa saja yang sudah dialami si kecil setelah ia ada di
rumah dan sebelum dirawat inap yang mungkin mbak anggap dokter perlu tahu,
 juga riwayat kesehatan keluarga besar mbak dan hubby kalau memang
diperlukan.  Kadang informasi seperti ini malah sangat membantu beliau untuk
menegakkan diagnosa, membatasi terlalu meluasnya penggunaan test2 penunjang
medis yang dilakukan, meminimalkan si kecil dari resiko trauma dengan segala
macam treatment/test medis, sekaligus mencari solusi untuk kondisi si kecil.

Anyway,  semoga sekarang ini anak mbak sudah jauh lebih baik kondisinya dan
sudah reda demamnya.  Upayakan juga untuk catch up imunisasi DPT/DPaT dan
Hib dosis pertamanya ya, mbak.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke