Hi mbak Ira,

Titip selamat jadi ibu baru untuk adiknya ya :)

Semoga hasil training di klinik laktasi yang dijalanin lebih bantu adiknya
mbak untuk belajar menyusui dengan sukses.  Jadi ingat 4 tahun lalu saya
juga 'berguru' di sana :)

Bisa dibilang 'cukup langka' sebetulnya ibu yang tidak bisa menyusui
bayinya.   Biasanya terbentur dengan  manajemen laktasi-nya yang mungkin
belum dikuasai.

Secara hormonal, hormon prolaktin (yang bekerja sama dengan hormon oksitosin
dalam kegiatan menyusui) itu justru berada dalam 'level puncak' sesaat
setelah melahirkan.  Dan 'level' ini bisa tetap dipertahankan tinggi atau
malah jadi 'drop' tergantung dari frekuensi dan lamanya stimulasi puting
payudara (alias dipakai untuk menyusui bayinya).  Dengan kata lain, seperti
yang di-shared moms lainnya: rajin susui bayinya, nggak perlu terpikir dulu,
'cukup nggak ya ASI-nya untuk baby-ku?' ....

Apalagi adiknya mbak sudah merasakan sakit di payudara, tanda 'pabrik' ASI
sudah mulai melakukan produksi tinggal nunggu disalurkan :)
Jangan lupa, saat ibu dan baby 'sama-sama belajar' menyusui, coba agar bayi
menyusui sampai daerah areolanya terhisap mulutnya (jangan hanya puting-nya
saja).  Ini untuk antisipasi agar puting tidak lecet dan kegiatan menyusui
jadi terhambat, ya mbak.

Setuju banget dengan statement: 'menyusui memang sangat bergantung pada
kondisi psikis sang ibu'.  Kalau dibawa relax, dan upayakan tidak stress
(mikirin ASI atau hal lainnya), niscaya produksi ASI akan lancar.  Saya
sudah 4x buktikan 'teori' ini :)

Btw, encourage adiknya untuk tetap semangat menyusui, ya mbak.  Dorongan
dari suami & keluarga akan sangat-sangat membantu ibu menyusui untuk
menikmati kodratnya dengan happy :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke