ninbrung yaaaaaaaa
salam kenal... kenalan dong pak sama saya..

sebagian ibu yg baru melahirkan, asi belum keluar sampai hari ketiga
kelahiran... tapi baisanya hari 1 sudah keluar kolostrumnya... yaitu cairan
bening kekuningan... itu HARUS diberikan pad abayi, karena sejuta manfaat
terdapat pada kolostrum tsb..

waktu saya ngelahirin, asi baru keluar hari ke 3...
dari hari pertama sampe hari kedua, bayi tetep saya tempeling  ke nenen, dia
nyedot.. tapi suka marah karena asi gak keluar...

dielus aja kepalanya... mamanya harus tetep sabar... ajak omong si bayi...
masalah hati ini sensitif lho pak... kalau mamanya sedih, lgsg berasa ke
bayi... bayi jadi tambah gelisah..
elus kepalanya sambil bilang "iya mama tau susu belum keluar ya.. sabar ya
nak... besok juga sudah pasti keluar...."

untuk bisa omong seperti begitu, mamanya bener2 harus yakin dan nyante pak
:)
usahakan tidak putus asa... pemebrian sufor kurang dibenarkan kalau hanya
alasan bayi takut kelaparan.... bayi yg baru lahir kuat tidak makan apa2
sampai sekian hari (gua lupa, 5 hari?)

tetep semangat kasi asi x ya pak... gak akan nyesel deh...
suami sebagai breastfeeding father harus bisa nguatin istri... bantu agar
istri tenang...kalau mau agar asi cepet keluar, ada caranya tapi agak
extreme (tapi dibolehkan karena banyak manfaatnya)... yaitu bapak bantuin
ngisep puting sang mama...

kenapa begitu? porno bgt ah mbak intan ini...
bukan masalah porno, tapi memang hisapan itu yg merangsang eklenjar asi
untuk memproduksi asi... tanpa hisapan, hormon2 tidak akan "termotivasi"
untuk memproduksi asi...

jadi, usahakan bayi (atau papanya) TETAP menghisap puting mama sesering
mungkinmdan jaga emosi si mama... karena stress akan banyak mempengaruhi
produksi asi...

maaf lom bisa bantu banyak...

semangatttttttttt, no suforrrrr sampe detik2 trakhir...