Hi mbak Lolita,

Wah ... berarti sudah hampir selama 1.5 tahun ya Arin sering sekali ngalamin
muntah.

Sudah pernah coba konsultasikan dengan dokter ahli pencernaan, mbak?  Saya
nggak tahu ada hubungannya atau nggak, tapi mungkin saat konsultasi dengan
beliau, coba singgung tentang gejala 'gag reflex' yang sering memicu muntah
(salah satu gejalanya).  Apakah kategori gag reflex yang 'terlalu sensitif'
atau 'sangat hiperaktif' sesuai kalau diterapkan dengan kondisi Arin selama
ini.

Baca e-mail mbak sekilas, kelihatannya reaksi muntah Arin lebih sering tidak
berhubungan dengan sakit (karena sedang diare, infeksi, keracunan makanan,
dll.) juga bukan karena susah sekali makan (mis. sampai usia sekarang hanya
mau makanan yang lunak saja).  Tapi, biasanya kalau gejala muntah sering ini
ada hubungannya dengan sakit biasanya akan kembali normal setelah sakitnya
tuntas. Kalau ada hubungannya dengan pola susah makan biasanya ada kaitannya
juga dengan pertambahan berat badan yang ngalamin sedikit masalah.

Asumsi saya juga, kejadian setiap kali muntah tidak sampai buat Arin
dehidrasi, atau ada yang 'nggak normal' yang keluar bareng muntahnya,
misalnya semburan muntah yang hebat, ada darah, warna muntah yang tidak
normal, dll. (kalau memang ada gejala2 seperti ini, perlu mbak bicarakan
juga dengan dokter yang menangani).

Coba tetap observe, mbak.  Antisipasi juga agar ini bukan karena 'habit'
yang sudah sering dialami Arin - jadi dia terbiasa melakukan aksi 'muntah'
or 'seolah-olah' muntah dalam aktivitas rutinnya.  Bantu Arin untuk bisa
menghindari kejadian sering muntahnya, misalnya: tidak makan/minum cepat2
atau dalam porsi besar sekaligus, usahakan nggak lagi ngemut jari, hindari
sebisa mungkin alergen pemicu batuknya, nggak lari2 kalau baru saja
makan/minum, dll.

Nggak ada salahnya juga mbak konsultasikan dengan ahli gastroenterologi,
siapa tahu bisa dapat gambaran lebih jelas tentang 'hobby' muntah ini -
apakah masih termasuk normal dan akan hilang dengan sendirinya, atau perlu
penanganan medis lebih lanjut.

sun sayang buat Arin ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke