hi mbak Yuli,

Saya hampir selalu berpatokan dengan jadwal imunisasi keluaran _CDC_ (
www.cdc.gov), dan biasanya memang dikonsultasikan dulu dengan dokter yang
menangani imunisasi anak saya, apa beliau juga sepaham dengan jadwal ini.

Siapa tahu bisa jadi tambahan info: ada link dari website di atas untuk
kasus 'catchup-schedule' format PDF (khusus untuk yang ketinggalan jadwal
imunisasi dalam rentang usia 4 bulan - 18 tahun):

http://www.cdc.gov/vaccines/recs/schedules/downloads/child/2010/10_catchup-schedule-pr.pdf

Di tabel itu disebutkan untuk vaksinasi DPT:
- usia paling cepat dapat dosis I: 6 bulan
- interval minimun antar dosis:
  * I dan II: 4 minggu
  * II dan III: 4 minggu
  * III dan IV: 6 bulan
  * IV dan V: 6 bulan
- catatan: dosis DPT V tidak perlu lagi dilakukan kalau dosis DPT IV baru
didapat anak usia 4 tahun atau lebih.

Jadi, untuk kasus anaknya mbak Yuli, nanti minta saja dosis IV untuk
catch-up imunisasi DPT nya, dan konsultasikan ke dokternya apakah jadwal itu
sudah bisa dianggal dosis final untuk vaksinasi DPT anaknya.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke