kalo saya seneng banget dengan yang model gini mbak.....setiap pembantu saya
yang dah betah sekitar 1 tahun  biasanya suka saya tawari sekolah atau
kursus....dan kebanyakan pada gak mau lohhh padahal tanpa ada  potongan gaji
atau apa.....kalo saya sendiri sich maunya orang yang kerja dengan saya dapat
nilai tambah nggak cuma begitu2 aja hidupnya.....meski kalo dengan begitu dia
harus berhenti kerja dengan saya...:)

dengan cara berpikir saya ini, kalo saya tahapannya begini:
a. terus mendorong dia untuk kuliah dan belajar dengan baik dengan menekankan
tanggungjawab terhadap anak-anak....biasanya kalo kita support dia juga jadi
hati2lah...dan tekankan aturan main yang jelas kapan bisa libur tambahan misal:
ketika ujian dll...
b. soal potong gaji...menurut saya bisa saja selama memang ada perubahan jam
kerja yang signifikan atau mbak bantu biaya kuliah ybs....jadi alokasi gaji
yang sebenarnya sedikit beralih u kuliah....kalo tidak ada perubahan jam kerja
yang signifikan sebaiknya jangan dipotong.  logikanya khan malah menggaji anak
SMP mestinya lebih murah ketimbang menggaji anak kuliahan....mestinya naik gaji
malah :D (becandadotcom)
c. kalo memang pembantu kedua mendapat beban tambahan dengan kuliahnya si mbak
ini, penambahan bisa aja, mestinya nggak terlalu besar khan ya, khan cuma
penambahan 1-2 jam kerja saja perhari...kalo ditambah 50.000an/bulan saya pikir
mbaknya pasti dah seneng bgt dee
d. opsi terakhir menurutku sebaiknya diambil kalo memang dia sudah tidak
perform/lalai....kalo memang kerjanya masih bagus kenapa nggak...makin terdidik
orang yang ngasuh anak kita khan semakin baik.

tapi ini pendapat saya pribadi mbak....tentu yang tahu persis situasi
sebenarnya mbak....mudah2an bisa membantu....

Reny Rawasita Pasaribu