From: boedoet [mailto:boed...@gmail.com]
Sent: Saturday, November 13, 2010 11:26 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] [Balita-anda] Asi ekslusif

halo mbak utami :)

aku dulu baca hasil sharingan, input2, dan artikel ttg manajemen laktasi

1. Pede
2. Kondisi ibu harus sehat, yg ditunjang dengan istirahat dan makan
makanan
yg bergizi tinggi danminum yg banyak
3. selain disusui, perah sesering mungkin
misal, kalau baby menyusui tiap 3 jam (selama 30 menit), maka 1,5 jam
berikutnya coba perah.. sedikit apapun yang didapat, tetap perah dan
maklum
lahh kalau masih seidkit :)
4. susui di payudara kanan dan kiri secara bergantian. pastikan setiap
payudara bisa dihisap foremilk sampai hindmilknya (foremilk: susu yg
awal2
keluar, encer, agak bening, tinggi protein, bersifat menghilangkan
haus...
hindmilk: asi yang keluar belakangan, kental, putih susu, sarat lemak,
bersifat mengenyangkan)
5. 30 hari sebelum masuk kerja, aku mulai nyetok asi di kulkas.. aku
merah
asi , berapapun yang aku dapat, lgsg aku masukin di kulkas (di gelas)..
perahan berikutnya (selama masih dalam jangka waktu 3 jam), aku gabung
lagi... setelah itu aku masukin ke plastik steril, kudoblein plastiknya,
lalu kutulis tanggal dan jam.
lama2 hasilnya numpuk kok mbak..

saat aku mulai kerja (baby umur 2 bulan), aku dah tenang, karena dah ada
sekitar 30 plastik @ 100 cc
selama jam kantor aku bisa merah 3 kali @100cc... bawa termos es, aku
pake
termos gendut merek coleman warna biru.. dan karena gak ada kulkas,
asinya
aku campur sama air dingin plus kasi es batu.. es batu tiap 3 jam aku
ganti
(beli di warung hehe)..

lho, kenapa nunggu PD penuh dulu baru diperah?
asi diproduksi kalau ada "permintaan", yaitu adanya rangsangan dari
sekitar
areola dan puting...rangsangan apa? rangsangan berupa dihisp bayi atau
diperah :) kalau mbak tidak perah, asi ya gak akan diproduksi..
adanya PD yg rasanya penuh itu hanyalah asi yang sudah diproduksi dan
sudah
ngalir ke daerah payudara... sementara produksinya bisa jadi lagi STOP..
yg dibutuhkan mbak adalah produksi yg rutin bukan? kalau mau produksi
rutin,
ya itu tadi, rajin disusui dan rajin diperah.. agak bisa munculin
rangsangan
hormon oksitosin dan prolaktin dan oksitosin..

halah jadi ebanyakan cerita..

intinya mbak.. rajin merah, meski sedikit terusss diperah.. dan rajin
nyusui
bayi di tiap payudara.. pastikan tiap payudara asinya bener2 sampe
habis..
kira2 cara memastikan foremilk dan hidmilk terkuras sempurna sudah paham
mbak?

duh aku kalau cerita suka njelimet... lagi gak konsen juga soalnya hehe

oya, waktu itu karena stok asi udah kebanyakan di kulkas, dan produksi
asiku
udah banyak, mulai pusing cari2 yg mau aku donorin, alhamdulillah dapet
2
temen yg anaknya kurang asi..

lama2, aku makin berasa punya "kewajiban" nyusui 3 anak.. karena dah
keburu
sayang sama ketiga bayi tersebut, kok asiku makin naik drastis..
alhamdulillah bisa rutin bagi2 asi selama 4 bulan penuh ...
alhamdulillah :)

dan setelah anak2 mereka umur 6 bulan, mereka stop minta asi.. dan asiku
di
kulkas kelebihan banyak bgt, sekitar 5 liter dibuang ditempat sampah ama
suamiku huhuhuhu, aku minta suami buangnya nunggu aku pergi... tapi
tetep
aja, pasliat kulkas kosong, aku nangis hehe lebayyyy

monggo kalau mau tanya lebih detail lagi..

-b-