hi mbak Andri,

Saya penasaran dengan masih ada darah samar pada feses bayi padahal hasil
test feses nya OK, test untuk amuba nya (-) dan bentuk dan warna feses pun
masih normal.
Dari hasil browsing (
http://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2009/11/09/6848/feses-berdarah-pada-bayi),
disebutkan kalau hasil observasi:
*  darah bercampur dengan feses baby atau feses bercampur dengan lendir,
kemungkinan ada gangguan /infeksi pada sistem pencernaan.
*  darah terpisah dari feses baby kemungkinan ada luka pada anus baby.
*  kemungkinan lain adalah alergi.

OK lah, kemungkinan paling gampang teramati adalah alergi. Kalau mbak
memberi ASI saja, bisa jadi darah samar pada feses si kecil berasal dari
protein susu dalam susu sapi yang diminum mbak.  Di link di atas disebutkan
kalau protein susu bisa merangsang terjadinya colitis alergi (baby
mengeluarkan darah dalam fesesnya).

Kemungkinan lain, alergi protein susu sapi itu berasal dari susu
formulanya.  Dokter minta observasi sampai besok, kan? Karena saat ini mbak
memberikan ASI + sufor, mungkin hari ini mbak coba untuk hanya berikan ASI
saja dan stop dulu sufor-nya. Nggak perlu terlalu khawatir kalau ASI mbak
kok rasanya nggak cukup, ingat saja prinsip supply and demand - makin sering
ASI dihisap baby makin rajin 'pabrik' ASInya berproduksi.  Cermati juga
asupan nutrisi yang mbak makan supaya observasi di rumah nggak jadi rancu.

Kalau cara ini sudah dilakukan, mbak observasi dan ternyata mengurangi darah
samar dan frekuensi BAB nya, mungkin memang itu penyebabnya.  Seperti info
yang sudah pernah saya shared di milis ini kemarin, sufor kadang jadi
pencetus reaksi tubuh anak, mulai dari sistem pernapasannya, kulitnya atau
pencernaannya (muntah/diare/konstipasi/dll.)

Kalau si kecil kelihatan nggak lincah, it's OK .. mungkin memang reaksi dari
pencernaannya yang membuat dia agak tidak happy dan mungkin butuh waktu
untuk kembali berperilaku normal :). Pastikan saja dia tidak
lemas/dehidrasi.  Sudah usia 6 bulan ke atas, kan?  Persering minum air
putih untuk tindakan re-hidrasi.

Tetap observasi ya, mbak.  Semoga cepat pulih anaknya ..

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke