Tkyu info nya mom yanti, aq baru denger jg nih...tetep ASIX buat babynya ya
mom...:)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Yanti" <ya...@bukopin.co.id>
Date: Thu, 12 May 2011 10:27:17
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: [balita-anda] Saya sudah kembali (Breastmilk Jaundice)
Dear all

Apa kabar semua... Hari ini saya sudah masuk kembali setelah cuti 3 bulan.

Saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya siapa tau bisa berguna untuk
yang lainnya.

Saya melahirkan Farsya (3m1d) dipercepat 3 minggu karena preeklamsia.
Alhamdulillah saya dan Farsya dalam keadaan sehat walafiat.
Melahirkan hari jumat, senin dah siap2 pulang.
Sebelum pulang, sesuai prosedur di RS si bayi harus menjalani pemeriksaan
laboratorium.

Lagi beres2 eh ada perugas lab bilang klo Farsya harus di fototerapi karena
bilirubinnya 14,8.
Perasaan saya sedih banget, rasanya seperti baru jatuh cinta langsung putus
lagi, yang ada saya nangis terus (maklum pengalaman pertama kayak gini)

Saya memutuskan hanya bayinya yang tinggal karena jarak RS dan rumah saya
dekat.
24 jam foto terapi bilirubin turun menjadi 10,8 dan boleh pulang.

Jumatnya saya ke RS lagi untuk cek bekas operasi + cek bayi.
Hasil bilirubin Farsya 14,4 tapi dokter gak suruh rawat lagi krn memang 1
minggu merupakan puncak bilirubin.

1 bulan kemudian datang mau imunisasi, tapi dokter langsung komentar  "Kok
kuning banget ya?"
Jadi aja Farsya harus ambil darah lagi, gak hanya bilirubin tapi ada
beberapa item yang dicek.
Hasilnya Farsya harus fototerapi lagi 36 jam krn bilirubinnya 14,6.
Saya tanya knp Farsya dah 1 bulan masih tinggi bilirubinnya padahal minum
ASInya dah banyak,
berat badannya naik signifikan (1,1 kg dlm sebulan), pup dan pipis normal.
Kata dokternya kita tunggu hasil gambaran darah tepinya.

Setelah fototerapi 36 jam bilirubin turun 10,2 dan boleh pulang.
3 hari kemudian di cek naik lagi jadi 12,7.
cek lagi 3 hari kemudian malah jadi 14,5...huaaaa
Hasil gambaran darah tepi bagus dan diputuskan bahwa farsya mengalami
Breastmilk Jaundice. Kasus ini agak jarang terjadi sekitar 1:200.

Saya langsung cari second opinion, dr Hanifah Oswari, dia dokter anak
subspesialis hati dan hasil diagnosanya pun memang breastmilk jaundice.

Jaundice ini akan hilang sendiri tapi agak lama mungkin sekitar 2-3 bulan.
Tidak ada terapi untuk jaundice ini cukup dengan memberikan ASI saja
walaupun penyebab jaundice tersebut ASI.
Ternyata ada komponen di ASI yang menyebabkan bilirubin yang sudah siap
dibuang diserap lagi oleh usus.

Sejak saat itu saya sudah tenang, tinggal menunggu bilirubinnya turun
perlahan2.
Setelah usia Farsya lebih dari 2 bulan saya coba cek lagi dan ternyata benar
bilirubinnya sudah 8,4
dan semakin hari kulit serta matanya semakin bening gak kuning lagi.

Mudah-mudahan pengalaman saya bermanfaat buat ibu2 yang mau melahirkan,
supaya gak panik kayak saya.

Yanti
Bunda Fachry dan Farsya

<i>DISCLAIMER: <br>The information enclosed in this email (and any attachments)
may be legally <br>privileged and/or confidential and is intended only for the
use of the addressee(s). <br>No addressee should forward, print, copy, or
otherwise reproduce this message in any <br>manner that would allow it to be
viewed by any individual not originally listed <br>as a recipient. If the
reader of this message is not the intended recipient, you are hereby
copying <br>or the taking of any action in reliance on the information herein
is strictly prohibited. <br>If you have received this communication in error,
please immediately notify the sender <br>and delete this message. Unless it is
made by the authorized person,  any views expressed <br>in this message are
those of the individual sender and may not necessarily reflect <br>the views of
PT Bank Bukopin Tbk.