Halo lagi KR :-)

Hehe, memang dalam hal ini ada beberapa pendapat di kalangan umat Islam.
Ada yang memang sama sekali tidak membolehkan KB, baik yang permanen maupun
yang sementara.

Pendapat yang lain adalah, dan ini yang tadi saya sampaikan, adalah bahwa KB
dibolehkan, asalkan tujuannya bukan menghentikan permanen, melainkan
menjarangkan saja. Dan satu yang saya lupa sebutkan sebelumnya, perlu
diperhatikan lagi metode KB-nya. Karena metode KB pun ada yang halal, haram,
dan meragukan.

Tulisan dari KR di bawah sebenarnya sejalan dengan yang saya sampaikan,
yaitu membolehkan KB, dengan alasan agar kehamilan tidak terlalu berdekatan
yang akhirnya memberatkan bagi ibu.
Memang di tulisan tersebut ada hal yang sedikit "bisa dibuat abu-abu" yaitu
definisi "memberatkan" itu seperti apa.
Di tulisan itu disebutkan bahwa seharusnya yang disebut memberatkan yaitu
menyusui sekaligus hamil kembali.
Di luar itu, sebenarnya bisa dimasukkan ke kondisi tidak berat, sehingga di
tulisan itu dimasukkan sebagai "hal-hal serupa itu yang sering dilakukan."
Dalam hal ini memang kembali tergantung niat masing-masing.

Demikian, semoga bermanfaat, mohon maaf jika kurang berkenan :-)

Salam,
Meutia

--
[...]

Kirim email ke