hi mbak,

anak ku juga gitu telapak kaki datar dan kalau jalan (lebih jelas kalau lari)
kakinya agak keluar seperti charlie chaplin ( ato katak :D) aku bawa ke dokter
orthopedie....kebetulan aku konsultasinya nggak di Indo tapi di perancis. nah
kalau menurut dokter ku itu, sebetulnya kakinya normal tidak ada kelainan
bahkan juga tidak dianjurkan memakai sepatu khusus orthopedie. cuma disarankan
untuk tidak duduk dengan kaki melipat kebelakang (membentuk huruf M) dan jangan
tidur tengkurap. dua kebiasaan yg setelah dibilang dokter ternyata emang
lengket banget dengan keseharian anak saya....cuma itu kok...disuruh juga
datang lagi pas dia umurnya udah 7 tahun untuk konsultasi doank katanya...:D

tapi jelasnya bawa aja anak mbak ke dokter soalnya tiap kasus khan
beda2...telapak kaki yang keluar biasa saja, tidak pengaruh ke kesehatan cuma
masalah estetika saja kata dokter saya...sama seperti orang yg kalau jalan
telapak kakinya masuk kedalam.

mudah2an membantu,

salam,

Reny R. Pasaribu