Mbak,

Yang dibilang kurang daya tangkap akademis itu yang gimana ya... boleh tau?

Boleh tau nggak, apa kira2 kemampuan akademis yang diharapkan (dari orang
tua atau dari guru?) dari anak usia 3 tahun 9 bulan?  Mampu membaca,
menulis, menggambar, mewarnai, atau...apa...?

Sorry lho bukannya menyelesaikan masalah malahan nambah pertanyaan.

Kalau diliat dari kecukupan gizi, dll kan udah cukup ya.  Anaknya aktif kan,
jadi kurang apanya tuh?

Kebetulan saya ibu dari anak perempuan berumur 4th 9bl.  Masalah saya malah
kebalikannya.  Kemampuan akademik nya bagus sekali.  Rata rata A, yang B
cuman 1.  Tapi kemampuan sosialisasi nya yang C.  Bolak balik gurunya
berusaha sedemikian rupa untuk mengajak ngobrol anak saya, nanya macem2
supaya dijawab, tapi anak saya nggak mau jawab pake suara, cuman ngangguk
atau geleng.  Malah seringnya cuek.  Tapi kalo sama temen2 nya dia aktif
banget, bahkan cenderung agresif, ngoceh nya banyak, dll.

Kalau saya pribadi, kemampuan akademik belum begitu penting untuk anak saya,
umurnya masih segitu jangan sampe kita maksa supaya dia bisa macem2
(walaupun dia udah bisa baca, dll).  Yang saya khawatir adalah sosialisasi
nya malah.  Untuk saya itu lebih penting bagi anak seusia dia.

Sorry sekali lagi kalo nggak berkenan nih.  Malahan curhat.

Jangan marah, salam,
ibunya Dienta