From: "Kristianti Dewi Joris" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, July 06, 2004 11:43 AM
Subject: Re: [balita-anda] menu untuk bayi 8 bulan

> Mbak Vita,
>
> sepertinya si kecil emang bosa dengan makanannya. Usia anak kita kebetulan
sama, dan anak saya malah belum nongol gigi sama sekali baru keliatan
putih-putih di gusi bawah dan atas seperti bakal numbuh gigi 4 tapi saya
tetep mencoba melatih dia dengan makanan yang bertekstur kasar. Caranya
semua bahan seperti daging, tahu, ayam, tempe dan sayur itu dicincang halus
aja pasti bisa kok mbak dan nggak bikin kesedak. Udah terbukti dengan Ruth
bahkan karena agak kasar merangsang dia berlatih mengunyah kalau saya
perhatikan.

> Saya pernah share mengenai resep yang saya berikan ke Ruth selama ini tapi
nggak ada salahnya saya share lagi buat mbak Vita dan semoga juga bisa
berguna untuk yang lain:

> *Sarapan :
> - Oatmeal + apple/pir sauce/pisang kerok + susu atau Oatmeal + susu saja
juga boleh
> - Tepung beras merah (buatan sendiri) + apple sauce + susu
> - Tepung beras merah + buah apple cincang halus + juice apple
>
> *Snack :
> - plain yoghurt
> - plain yoghurt plus pisang yang dikerok atau dicincang halus, bisa juga
pir atau apple, mangga
> - milkshake mangga, alpukat
> - Buah (mulai 8 bulan bayi sudah bisa diperkenalkan dengan finger snack,
untuk buah bisa dipotong kecil panjang sebagai finger snack terutama untuk
apel dan pir).
> - Puding roti (whole wheat) + apple + susu
>
> * Makan siang/sore:
> - Oatmeal + ayam/daging sapi cincang + sayuran (buncis/peas + wortel) +
keju parut (bisa ditambahkan susu)
> - Mashed potato + ayam/daging sapi cincang + sayuran
(buncis/peas/bayam/brokoli + wortel) + keju parut + susu
> - Jagung manis yang dibuat puree + ayam/daging sapi cincang+ bayam/brokoli
+ tahu + keju/kuning telur
> - Makaroni + ayam/daging sapi cincang + tahu + sayuran + keju parut
> - Mie ayam sayuran
> - Misoa ayam tahu
> - Spaghetti
>
> Mbak karbohidrat nggak cuman dari nasi aja ya, menu diatas selalu saya
siapkan untuk Ruth yang memang juga sering mogok makan nasi. Untuk sayuran
nya terserah mbak bisa divariasi sedemikian rupa. Untuk sayuran cincang yang
halus jangan cuman potongan halus memanjang bisa memancing tersedak, harus
berupa potongan cincang halus kalau emang belum numbuh gigi.

> Nggak perlu dikasih vitamin macem-macem buat ngerangsang nafsu makan anak
mbak, kita belajar kreatif aja kalau menunya variatif dan cara penyajian
menarik ntar pasti mau juga. Dalam resep Ruth saya belum masukkan ikan,
karena saya memang mau nunggu dulu sampai dia umur 9 atau 10 bulan, maklum
dari lahir udah alergen tinggi jadi mamanya rada-rada takut dan ambil jalur
aman aja, hehehehe....

> Selamat mencoba ya,
> Dewi

giginya baru 1, itupu belum semuanya tampak. Sampai saat ini masih saya
berikan tim blender/saring atau bubur susu untuk usia 6-8 bulan berhubung
bubur susu yang untuk usia 8 bulan terlihat kasar teksturnya sedangkan anak
saya belum ada gigi.
orang ketiga yang main-mainin sesuatu untuk menarik perhatiannya.

sendoknya, mulutnya sudah dibuka. Bahkan kalau kita berikan dalam porsi
kecil, dia suka menangis karena kurang. Saya jadi berpikir, jangan2 nasi tim
yang saya berikan menunya kurang enak atau membosankan buat dia.
jauh dari : kentang, buncis, wortel, daging ayam giling/daging sapi giling,
tahu dan tempe.

selera makan bayi. Atau apakah anak saya perlu diberi vitamin tambahan ya
Moms? Kira-kira vitamin penambah nafsu makan apa ya Moms yang baik?

------

transmission and the information it contains, including any attachment, is
intended solely for the named addressee(s). It is confidential and may
contain legally privileged information. The unauthorized use, disclosure or
copying of this transmission or such information is strictly prohibited. If
you are not the/an addressee, and are in possession of this transmission (or
any copy thereof) without the consent of any named addressee, please notify
us immediately by telephone (62-21) 574 1467 or by reply e-mail to the
original Dewi Soeharto Maramis & Partners sender. Dewi Soeharto Maramis &
Partners and any of its lawyers, management, staff members or authorized
persons shall not be liable and cannot be held liable for any act(s)
contradictory to the above mentioned.

attached for computer viruses and other defects. Dewi Soeharto Maramis &
Partners does not accept liability for any loss or damage (whether direct,
indirect, consequential or economic) however caused, and whether by negligen
ce or otherwise, which may result directly or indirectly from this
communication or any files attached. In any event, our liability is limited
to the cost of re-supplying this e-mail message.

advice unless the transmission is subsequently confirmed by fax or letter
signed by Dewi Soeharto Maramis & Partners.

28, Jakarta 10210, Indonesia