Pak Husni,

Saya mau menambahkan ya sharingnya.
Thanks to Mbak Sylvia yg sudah memposting sharingnya.
Diare baru bisa dikatakan diare jika BAB > 6x dalam sehari.
Kasus pada Alia sptnya belum termasuk ya pak.
Let say sampe email ini turun alia masih BAB, maka yg perlu dilakukan
segera adalah memberikan pedialyte pak. Cairan elektrolit pengganti carian
yg hilang di tubuhnya alia.
Bisa dibeli diapotik.

Memang betul obat dari diare itu hanya WAKTU & CAIRAN.
Waktu maksudnya karena >80% penyebab diare pd batita adalah VIRUS
(ROTAVIRUS) maka yg bisa melawan virus adalah sistem imun tubuh anak,
bukan antibiotik.
Cairan artinya diberikan oralit (pedialyte utk bayi seumur alia) dan ASI
ataupun susu (jika sudah tdk diberi ASI). Btw < 1th kebutuhan kalori anak
masih dipenuhi dari susu (ASI). Jadi gak perlu khawatir alia kurang tenaga
kalo alia gak mau makan pas umur 4 bl (Btw kenapa gak tunda diberi
makannya sampe umur 6 bl pak? ASI aja deh mendingan).

Pemberian obat anti diare spt kaopectate memang betul menghentikan diare.
Tapi yg perlu diketahui oleh orang tua adalah diare itu suatu mekanisme
tubuh utk "membuang" kuman atau racun yg masuk ke dalam tubuh. Pemberian
obat2an anti diare spt kaopectate hanya akan membuat diare berhenti dan
kuman/racun yg ada di dalam tubuh gak keluar. Jadi ibarat alarm kebakaran.
Kalau diare itu alarmnya. Jika alarm kebakaran bunyi, maka yg perlu
dilakukan adalah mencari sumber kebakaran & mematikannya, bukan mematikan
alarm kebakarannya. Itu permisalannnya. Yg perlu dijaga adalah menjaga
agar anak tidak dehidrasi. Tanda2 dehidrasi sudah didrop ya oleh mbak
sylvia.

Oya mau mengkoreksi pernyataan mbak ayu.
Boleh ya mbak. Sebaiknya jangan gunakan proris (ibuprofen) sbg obat demam
terutama saat anak diare.
Pemberian ibuprofen (nama dagang : proris) saat anak menderita diare
/muntah akan menyebabkan iritasi lambung dan  pendarahan saluran
pencernaan.
Jika alia demam (> 38C) berikan parasetamol / acetaminophen sbg obat
penurun panas / pain killer. Nama dagang spt tempra, panadol drop, dsb.

Semoga membantu.

Lulu

Dari : medicastore.com

PRORIS

GENERIK
Ibuprofen.

INDIKASI
Menurunkan demam.
Menghilangkan nyeri pada sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, nyeri
sesudah operasi yang berkaitan dengan cabut gigi & penyakit rematik.

KONTRA INDIKASI
Riwayat ulkus peptikum.
Pasien yang akan mengalami gejala-gejala asma, rinitis, atau urtikaria
(biduran/kaligata) bila mengkonsumsi Aspirin & obat-obat anti radang non
steroid lainnya.

> Kaopectate juga bisa dibeli bebas kok Pak, kalo anak saya mencret saya
> kasih obat tsb, baca aja aturan pakai dan dosis nya di situ. Menurut DSA
> saya juga ngga papa, relatif aman. Untuk panasnya lebih baik Proris
> katanya, dibanding Tempra.
>
> Susu nya di encerin,air nya tetep, takaran susunya setengah dari takaran
> yang biasa, kalo saya , kasih madu satu sdt di susunya (buat tenaga),
> kasih juga agar2 encer dan hangat (kalo susah makan)...
>
> Semoga Alia cepet sembuh ya Pak Husni :)
>

> Warm Regards,
> Ayu Samantha

"Becoming a mother is a life-enhancing experience that leads to greater
creativity, sensitivity, and compassion."