wah... bukannya bermaksud menakut-nakuti ya...
saya jadi teringat sama kejadian salah satu teman sekantor saya. Istrinya
melahirkan sungsang (kepala diatas kaki dibawah), dan dsog yang menangani
tetap keukeuh mengambil tindakan persalinan normal. Yang terjadi adalah,
bayinya sempat keracunan air ketuban (karena terlalu lama di dalam), sempat
terdengar sedikit bunyi 'krek' (saya sampai ngilu mendengar ceritanya) saat
kepalanya dikeluarkan.
Alhamdulillah, bayinya selamat. Walau harus melewati kondisi kritis seminggu
di ICU (yang memakan biaya amat mahal), karena bayinya dalam kondisi membiru
dan APGAR-nya di bawah 5 (yang berarti kondisinya cukup kritis/tidak
menunjukkan reaksi normal) dan diperkirakan fungsi paru-parunya sempat
terganggu karena keracunan tersebut dan aliran oksigen ke otak juga
diperkirakan sempat terhambat.
Teman saya sangat menyesalkan kenapa dsog-nya bisa keliru mengambil
keputusan, karena jika di-caesar kemungkinan kejadian tersebut bisa
dihindari. Tapi itu mungkin sudah kehendak YangDiAtas, ya. Namun biar
bagaimanapun kejadian ini mungkin bisa diambil hikmahnya. Syukur
alhamdulillah, anak tersebut kini dalam kondisi sehat wal afiat, setelah
mengalami perjuangan berat :)
Mungkin mbak bisa minta second opinion ke dsog lain, apakah bisa melahirkan
normal atau tidak. Kalau ternyata enggak, ya di-caesar juga gpp kan mbak,
yang penting ibu dan anaknya bisa selamat enggak kurang suatu apapun.

Maaf jika kurang berkenan

regards
Hera