mbak Marlena..

Sekedar sharing,

Yang pertama diciptakan adalah rasa aman pada anak sa'at berinteraksi dengan
orang lain, rangsang anak dengan mengajak main oleh orang tuanya, atau anggota
keluarga lain.

Dari rasa senang bermain dengan orang-orang terdekat, biasanya pemahaman anak
tentang interaksi ini akan meluas ke orang lain.

Kedua beri contoh kepada anak bagaimana kita berinteraksi yang baik dengan
orang lain.

Oh ya hindari sikap/ucapan yang sarkasme (kasar)dan hindari juga tontonan yang
menampilkan kekerasan/ketakutan yang bisa menyebabkan hilangnya rasa aman pada
anak.
Usahakan anak sering diajak ke rumah saudara yang punya teman sebaya.

Dulu bila kami kerja anak saya juga hanya tinggal dengan prt, tapi bila kami
dirumah anak sering kami ajak main, main apa aja yang penting anak senang dan
bisa tertawa, main bola, kejar-kejaran, petak umpet, diglitiki dll.
Sering tersenyum dan menyapa anak bila pertama kali bertemu, sa'at dia bangun,
atau sa'at kita pulang kerja.
Sering menampilkan wajah ramah dan senang pada anak.
Ucapkan Assalaamu'alaikum, sambil tersenyum.
Sering mencium dan memeluk anak.. (pasti dia kegirangan)

Ini saya lakukan sejak anak saya bayi.

Sudah agak besar saya ajak keliling sekitar rumah setiap sore, biasanya saya
sering ketemu tetangga dan saling menyapa.
(Saya juga membatasi anak untuk main diluar rumah, selektif gitu loh..malah
saya dibilang sama tetangga anak saya dikurung :))

Sekarang anak saya (3,5 tahun)tumbuh dengan sosialisasi yang cukup baik, Rasa
percaya dirinya cukup tinggi, senang bergaul dan mudah mendapat teman.

Mudah-mudahan membantu.

Hanifa