Ibu Caroline (Mike's Mom),
Kumon memang mengajarkan daya logika berpikir anak jadi terstimulasi dari
sejak dini. Yang diajarkan di kumon lebih mengarah kepada math.  Dan memang
memakai hitungan waktu untuk setiap lembar yang dikerjakan.
Jika seorang anak bisa mengerjakan soal tambah2an (untuk kelas TK B)
misalnya, nah selama sebulan dia dipantau apakah masih konsisten, dan bisa
ditambah lembarannya. Selebihnya lembaran itu dibawa kerumah dan di kerjakan
di rumah dengan hitungan waktu. Yang dikerjakan ya sama dengan yang waktu
dikerjakan di kelas kumon. Kalau saya lihat mereka mulai dari gambar, dot
dan angka. Pengulangan setiap hari, kadangkala membuat anak mogok belajar.
Itu terjadi pada anak2 saya yang sudah saya masukkan kumon dari sejak play
group. Tetapi pada waktu mereka mogok tidak mau kumon saya hanya membolehkan
tidak kumon 2 kali saja selama masa mogok, selebihnya tetap attending the
class. Tadinya saya pikir metode saya "memaksa" anak untuk tetap stay di
kumon walaupun mereka sudah marah2 and nangis2 sampe ada yang panas dingin
nggak mau kumon dengan berbagai alasan, menurut pengajar seniornya adalah
tepat.
Menurut mereka mengkondisikan anak untuk tetap stay ditengah "kefrustrasian"
mereka untuk tidak mau ikut lagi, akan berdampak sangat besar pada pola cara
berpikir anak dalam menyikapi "masalah" jika mereka besar nantinya. Jadi
jika anak menghadapi "masalah" mereka tidak boleh lari, mereka harus mau
beradaptasi dengan masalah tersebut, mencari jalan keluarnya dan berdamai.
Aduh, saya tidak sampai disitu, saya hanya merasa mereka harus tetap stay
karena kumon lumayan mahal, dan menurut saya mereka harus tetap terstimulasi
dengan cara berpikir yang logic serta tidak "takut" kepada math (seperti
saya).
Dibalik itu semua, menurut ibu Wawa ini, di kumon diajarkan "sikap" anak.
Pola berpikir dan menyampaikan pendapat dan mandiri.
Tiap anak hasilnya beda. Anak saya yang almost 7 tahun ini memang talentanya
lebih kepada science, sehingga untuk menjadi mandiri di kumon lebih cepat.
Sedangkan anak saya yang umur 5,5 tahun talentanya lebih kepada bahasa
inggris, sehingga kumonnya agak-agak malas. Tapi tetap saya minta kerja di
rumah walaupun hingga sekarang lembar kerjanya belum naik-naik juga. Saya
menggabungkan metode kumon yang harus bekerja dengan hitungan waktu dengan
metode pelajaran nabi yaitu belajar sambil bermain dan tidak terpaksa. Agak
susah-susah gampang.
Sejauh ini baru ini yang saya ketahui mengenai kumon. Dan menurut seorang
pshikolog yang saya temui, bahwa otak anak-anak itu sangat tajam, dan masih
kosong. Sehingga apapun yang kita masukkan atau mereka terima bisa mereka
tampung. Jadi menurut diapun, seorang anak tidak akan bingung kalau dia
distimulasi dengan tiga bahasa di rumah misalnya, indonesia, inggris,
perancis. Karena kemampuan otak anak-anak hingga nanti dia kelas SMP adalah
menampung. SMP mengulang, SMA nalar,  Dewasa dia aplikasi dan stop untuk
kegiatan menampungnya terbatas. Saya tidak tahu benar atau tidak (cmiiw).

Terima kasih,
Hani